Rahasia Membuat Susu Kedelai Lezat dan Sehat yang Wajib Kamu Coba!

Susu kedelai merupakan minuman yang kaya akan protein nabati, rendah lemak, dan cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang intoleran terhadap susu hewani. Membuat susu kedelai sendiri di rumah juga lebih terjamin kebersihannya tanpa tambahan bahan kimia yang tidak diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah cara bikin susu kedelai di rumah.

1. Persiapan Bahan

Langkah pertama dalam cara bikin susu kedelai adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • 250 gram kedelai
  • Air bersih
  • Gula (opsional)
  • Pewarna dan flavor (opsional)

2. Mulai dengan Merendam Kedelai

Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah merendam kedelai selama minimal 8 jam atau semalaman. Tujuan merendam kedelai adalah untuk memudahkan proses penghalusan dan membuang sisa kulit yang mengandung zat antinutrisi.

3. Proses Penghalusan

Setelah kedelai direndam, proses selanjutnya dalam cara bikin susu kedelai adalah menghaluskan kedelai dengan blender atau food processor. Tambahkan air secukupnya agar tekstur susu menjadi lebih encer.

4. Menyaring Ampas

Setelah kedelai dihaluskan, saring campuran tersebut dengan saringan kain atau saringan kedelai khusus. Peras ampas kedelai hingga tidak tersisa cairan, yang akan menghasilkan susu kedelai yang halus.

5. Proses Pemanasan

Susu kedelai yang telah disaring kemudian dipanaskan hingga mendidih. Pastikan aduk secara terus menerus agar tidak terjadi penggumpalan susu dan terjadinya lapisan pada susu kedelai.

6. Penyajian

Setelah susu kedelai matang, Anda bisa menambahkan gula atau pemanis lain sesuai selera. Sajikan susu kedelai hangat atau dingin sesuai dengan keinginan.

7. Variasi Rasa

Jika Anda ingin mencoba variasi rasa pada susu kedelai, Anda bisa menambahkan pewarna makanan atau flavor sesuai selera. Beberapa flavor yang biasa digunakan adalah vanilla, cokelat, atau kopi.

Penutup

Demikianlah cara bikin susu kedelai yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah. Selain lebih sehat dan bebas bahan tambahan yang tidak diinginkan, membuat susu kedelai sendiri juga dapat menjadi alternatif yang lebih ekonomis.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button