Tips

Cara Membuat Tomyam

Tomyam adalah salah satu hidangan khas Thailand yang memiliki rasa pedas, asam, dan segar. Hidangan ini biasanya terdiri dari campuran bumbu tomyam, seperti serai, daun jeruk, sereh, cabai, bawang, jahe, sayuran, daging, seafood, atau tahu. Tomyam bisa dinikmati sebagai sup atau dengan nasi. Berikut ini adalah cara membuat tomyam ala Thailand yang lezat dan mudah untuk Anda coba di rumah.

1. Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak tomyam, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang umumnya digunakan untuk membuat tomyam:

Bumbu tomyam:

  1. 4 batang serai, memarkan
  2. 6 lembar daun jeruk
  3. 3 ruas lengkuas, memarkan
  4. 5 buah cabai merah, iris halus
  5. 3 siung bawang putih, cincang halus
  6. 1 ruas jahe, iris tipis

Bahan lainnya:

  1. 500 gram seafood campuran (udang, cumi, kerang, atau ikan)
  2. 200 gram tahu, potong kotak
  3. 150 gram jamur, iris
  4. 2 buah tomat, potong-potong
  5. 1 batang daun bawang, iris halus
  6. 1500 ml air kaldu ikan
  7. 2 sendok makan saus tomat
  8. 2 sendok makan saus ikan
  9. 2 sendok makan air jeruk nipis
  10. Garam secukupnya
  11. Gula secukupnya
  12. Minyak untuk menumis

2. Langkah-langkah Memasak

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, berikut langkah-langkah untuk membuat tomyam:

  1. Menumis bumbu: Panaskan sedikit minyak di wajan. Tumis bawang putih, jahe, cabai merah, serai, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum.
  2. Menambahkan seafood: Setelah bumbu harum, tambahkan seafood campuran ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga seafood berubah warna.
  3. Menuangkan air kaldu: Tuangkan air kaldu ikan ke dalam wajan. Biarkan mendidih.
  4. Menambahkan tahu: Setelah kuah mendidih, tambahkan potongan tahu ke dalam wajan. Tunggu hingga tahu matang.
  5. Menyajikan: Terakhir, tambahkan saus tomat, saus ikan, air jeruk nipis, garam, dan gula secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata. Tambahkan potongan tomat dan jamur. Masak sebentar hingga matang. Sajikan tomyam dalam mangkuk saji. Taburi dengan potongan daun bawang sebagai hiasan.

3. Tips Tambahan

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk mendapatkan tomyam yang lezat dan autentik:

  1. Pemilihan seafood: Anda dapat menggunakan berbagai macam seafood, seperti udang, cumi, kerang, atau ikan sesuai selera. Pastikan untuk memilih seafood yang segar agar rasa tomyam lebih nikmat.
  2. Pemilihan tahu: Jika Anda tidak menyukai tahu, Anda juga dapat menggunakan daging ayam, daging sapi, atau telur sesuai selera.
  3. Kaldu ikan: Jika Anda tidak memiliki kaldu ikan, Anda dapat menggunakan air biasa sebagai pengganti. Namun, kaldu ikan akan memberikan rasa yang lebih kaya pada tomyam.
  4. Penyajian: Tomyam biasanya disajikan panas. Anda juga dapat menambahkan irisan daun ketumbar sebagai hiasan untuk memberikan aroma segar pada tomyam.

4. Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperhatikan tips tambahan, Anda dapat membuat tomyam ala Thailand yang lezat dan nikmat di rumah. Selamat mencoba dan menikmati hidangan tomyam yang pedas, asam, dan segar!

Jika Anda memiliki resep tomyam lainnya atau tips tambahan, jangan ragu untuk membagikannya dengan kami di kolom komentar. Selamat memasak!

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button