Tutorial

Cara Mengatasi Mata Bengkak Karena Menangis

Menangis merupakan respons alami tubuh ketika kita merasa sedih, kecewa, atau bahkan senang. Namun, seringkali menangis dapat menyebabkan mata menjadi bengkak dan merah. Bagaimana cara mengatasi mata bengkak akibat menangis? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips-tips yang bisa Anda lakukan.

1. Kompres Mata Dengan Air Dingin

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi mata bengkak akibat menangis adalah dengan melakukan kompres mata menggunakan air dingin. Caranya cukup mudah, cukup siapkan sepotong kain bersih yang sudah dibasahi dengan air dingin lalu letakkan di atas mata yang bengkak. Tahan selama beberapa menit hingga rasa nyeri dan bengkak mereda.

2. Istirahatkan Mata Dengan Menutup Mata

Setelah menangis, mata Anda mungkin akan terasa lelah dan perih. Istirahatkan mata Anda dengan menutup mata selama beberapa saat. Dengan cara ini, mata Anda akan terhindar dari paparan cahaya dan udara, sehingga proses pemulihan dapat berlangsung lebih cepat.

3. Gunakan Masker Mata

Masker mata dapat membantu mengurangi bengkak pada mata akibat menangis. Masker mata biasanya berisi gel yang bisa memberikan efek dingin dan menenangkan pada mata yang bengkak. Gunakan masker mata selama beberapa menit untuk meredakan bengkak dan meredakan rasa perih pada mata Anda.

4. Tidur Cukup

Tidur yang cukup juga merupakan kunci utama dalam membantu tubuh memulihkan diri setelah menangis. Pastikan Anda tidur yang cukup agar mata Anda dapat beristirahat secara maksimal. Selain itu, tidur juga dapat membantu mengurangi stres dan mengembalikan keseimbangan emosional Anda.

5. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Antiinflamasi

Makanan yang mengandung antiinflamasi seperti buah-buahan dan sayuran segar dapat membantu mengurangi peradangan pada mata yang bengkak akibat menangis. Hindari makanan yang mengandung garam atau MSG, karena dapat membuat bengkak pada mata semakin parah.

6. Beristirahat

Selain tidur yang cukup, beristirahat dengan cara yang benar juga dapat membantu mengatasi mata bengkak akibat menangis. Hindari menggunakan gadget terlalu lama atau terlalu dekat dengan mata Anda, karena hal ini dapat membuat mata semakin bengkak dan iritasi.

7. Bersihkan Mata Dengan Air Hangat

Jika mata Anda terasa kering setelah menangis, Anda bisa membersihkannya dengan air hangat. Caranya cukup mudah, cukup rendam kain bersih dengan air hangat lalu letakkan di atas mata Anda. Diamkan beberapa menit hingga mata terasa lebih segar dan nyaman.

8. Konsultasikan Dengan Dokter

Jika mata bengkak Anda tidak kunjung membaik atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri yang parah atau gangguan penglihatan, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi mata Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa mengatasi mata bengkak akibat menangis dengan efektif dan cepat. Pastikan Anda juga memperhatikan kondisi emosional Anda untuk mencegah terjadinya peradangan yang lebih parah pada mata. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button