Cara Melihat Aplikasi Yang Sudah Dihapus

Pernahkah Anda menghapus aplikasi di smartphone Anda hanya untuk kemudian menyesalinya dan ingin mengembalikannya? Atau mungkin Anda ingin tahu aplikasi apa saja yang pernah dihapus oleh pengguna di perangkat yang Anda kelola? Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus di berbagai platform smartphone. Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara-cara tersebut!

1. Cara Melihat Aplikasi Yang Sudah Dihapus di iPhone

Jika Anda menggunakan iPhone, Anda dapat melihat daftar aplikasi yang pernah Anda unduh melalui App Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka App Store
  2. Buka aplikasi App Store di iPhone Anda.

  3. Klik Profil
  4. Klik ikon profil Anda di kanan atas layar.

  5. Pilih “Pembelian”
  6. Pilih opsi “Pembelian” di daftar menu yang muncul.

  7. Pilih “Tidak di iPhone”
  8. Pilih opsi “Tidak di iPhone” untuk melihat daftar aplikasi yang pernah Anda unduh namun sudah dihapus dari perangkat Anda.

2. Cara Melihat Aplikasi Yang Sudah Dihapus di Android

Jika Anda menggunakan smartphone Android, Anda dapat melihat aplikasi yang pernah dihapus melalui Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Play Store
  2. Buka aplikasi Play Store di smartphone Anda.

  3. Klik Menu
  4. Klik ikon menu (tiga garis horizontal) di kiri atas layar.

  5. Pilih “Akun Saya”
  6. Pilih opsi “Akun Saya” untuk masuk ke daftar aplikasi yang pernah Anda unduh.

  7. Pilih “Aplikasi & Game”
  8. Pilih opsi “Aplikasi & Game” untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang pernah Anda unduh, termasuk yang sudah dihapus.

3. Cara Melihat Aplikasi Yang Sudah Dihapus di Google Play Console

Jika Anda adalah seorang pengembang aplikasi dan ingin melihat statistik aplikasi yang dihapus oleh pengguna, Anda dapat melakukannya melalui Google Play Console. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Console
  2. Buka Google Play Console dan masuk dengan akun pengembang Anda.

  3. Pilih Aplikasi Anda
  4. Pilih aplikasi yang ingin Anda lihat statistiknya.

  5. Pilih “Penghapusan”
  6. Pilih opsi “Penghapusan” di menu di sebelah kiri untuk melihat jumlah penghapusan aplikasi dan statistik terkait lainnya.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan dari App Store atau Play Store, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat daftar aplikasi yang pernah dihapus. Beberapa aplikasi seperti AppCleaner (untuk iPhone) dan List My Apps (untuk Android) dapat membantu Anda melacak aplikasi yang sudah dihapus dari perangkat smartphone Anda.

Dengan menggunakan salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah melihat aplikasi yang sudah dihapus dan mengambil tindakan yang diperlukan, apakah itu mengunduh kembali aplikasi yang Anda sesali telah dihapus atau menganalisis data penghapusan aplikasi jika Anda adalah seorang pengembang.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara melihat aplikasi yang sudah dihapus:

  1. Apakah saya bisa mengembalikan aplikasi yang sudah dihapus?

    Ya, Anda bisa mengunduh kembali aplikasi yang sudah dihapus melalui App Store atau Play Store, asalkan aplikasi tersebut masih tersedia di platform tersebut.

  2. Apakah saya bisa melihat statistik penghapusan aplikasi pengguna jika saya seorang pengembang?

    Ya, Anda bisa melihat statistik penghapusan aplikasi pengguna melalui Google Play Console jika Anda adalah seorang pengembang aplikasi di platform Android.

  3. Apakah aplikasi pihak ketiga aman untuk melihat daftar aplikasi yang sudah dihapus?

    Sebaiknya Anda memilih aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan memiliki ulasan positif, untuk memastikan keamanan dan keandalannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat aplikasi yang sudah dihapus dan mengelola informasi terkait aplikasi-aplikasi tersebut sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengoptimalkan penggunaan smartphone Anda!

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button