Berikut Ini Yang Tidak Termasuk Kaidah Teks Eksplanasi Adalah Menggunakan

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena, proses, atau kejadian secara logis dan faktual. Tujuan utama dari teks eksplanasi adalah untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada pembaca mengenai suatu hal yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya. Teks eksplanasi juga menggunakan berbagai kaidah atau aturan tertentu untuk memastikan penjelasan yang diberikan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca.

Kaidah Teks Eksplanasi

Terdapat beberapa kaidah atau aturan dalam penulisan teks eksplanasi yang harus diperhatikan oleh penulis. Kaidah-kaidah tersebut diantaranya adalah menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, menyajikan informasi secara sistematis, mengutamakan fakta dan data yang valid, serta memberikan contoh konkret untuk memperjelas penjelasan yang diberikan.

Yang Tidak Termasuk Kaidah Teks Eksplanasi

Meskipun terdapat kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dalam penulisan teks eksplanasi, namun terdapat juga hal-hal yang tidak termasuk kaidah tersebut. Adapun hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Emosi dan Pendapat Subjektif
  • Emosi dan pendapat subjektif tidak termasuk dalam kaidah teks eksplanasi. Penulisan teks eksplanasi seharusnya bersifat objektif dan tidak dipengaruhi oleh emosi atau pendapat pribadi dari penulis. Tujuan utama dari teks eksplanasi adalah memberikan penjelasan yang faktual dan logis, sehingga emosi dan pendapat subjektif tidak memiliki tempat dalam teks eksplanasi.

  • Informasi yang Tidak Valid
  • Salah satu kaidah utama dalam teks eksplanasi adalah menggunakan informasi yang valid dan faktual. Oleh karena itu, informasi yang tidak valid atau tidak didukung oleh data yang jelas tidak termasuk dalam kaidah teks eksplanasi. Penulisan teks eksplanasi harus didasarkan pada fakta dan data yang dapat dipertanggungjawabkan.

  • Kebohongan atau Pemutarbalikan Fakta
  • Mengutamakan kebenaran adalah prinsip utama dalam penulisan teks eksplanasi. Oleh karena itu, kebohongan atau pemutarbalikan fakta tidak termasuk dalam kaidah teks eksplanasi. Penulisan teks eksplanasi harus mengedepankan kejujuran dan integritas dalam menyajikan informasi kepada pembaca.

  • Penekanan Pada Subjek Tertentu
  • Teks eksplanasi seharusnya memberikan penjelasan yang obyektif tanpa adanya penekanan pada subjek tertentu. Hal ini berbeda dengan teks persuasif yang mencoba untuk mempengaruhi pembaca dengan menonjolkan suatu sudut pandang tertentu. Oleh karena itu, penekanan pada subjek tertentu tidak termasuk dalam kaidah teks eksplanasi.

Contoh Penulisan Teks Eksplanasi yang Baik

Berikut ini adalah contoh penulisan teks eksplanasi yang baik berdasarkan kaidah-kaidah yang telah disebutkan sebelumnya:

Judul Penjelasan
Proses Fotosintesis Teks eksplanasi ini menguraikan secara sistematis tentang proses fotosintesis pada tumbuhan, mulai dari penyerapan sinar matahari hingga pembentukan glukosa sebagai hasil akhir dari proses tersebut.
Dampak Perubahan Iklim Teks eksplanasi ini memberikan gambaran yang faktual mengenai dampak dari perubahan iklim terhadap lingkungan dan kehidupan manusia, berdasarkan data-data ilmiah yang valid.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah teks eksplanasi hanya berisi fakta tanpa adanya pendapat subjektif?

Teks eksplanasi memang mengutamakan fakta dan informasi yang objektif, namun terdapat juga ruang untuk memberikan analisis atau interpretasi yang didasari oleh pengetahuan dan data yang valid.

2. Mengapa informasi yang tidak valid tidak boleh termasuk dalam teks eksplanasi?

Kehadiran informasi yang valid dan faktual adalah salah satu ciri khas teks eksplanasi, karena hal tersebut memastikan bahwa penjelasan yang diberikan dapat dipercaya dan bermanfaat bagi pembaca.
Dengan memahami apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam kaidah teks eksplanasi, diharapkan penulis dapat menyusun teks eksplanasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Dengan memperhatikan kaidah tersebut, penulisan teks eksplanasi dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang suatu fenomena atau proses yang dijelaskan.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button