Volume Kubus Yang Luas Permukaannya 1.014 Cm2 Adalah

Kubus adalah salah satu bangun ruang yang memiliki enam bidang yang sama besar dan bentuk persegi. Salah satu ukuran kubus yang sering kali menjadi pertanyaan adalah volume kubus yang memiliki luas permukaan tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menghitung volume kubus yang memiliki luas permukaan sebesar 1.014 cm2.

1. Rumus Volume Kubus

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang volume kubus dengan luas permukaan 1.014 cm2, mari kita memahami terlebih dahulu rumus volume kubus. Volume kubus dapat dihitung dengan rumus:

V = s3

Dimana:

  • V = volume kubus
  • s = panjang sisi kubus

2. Menghitung Sisi Kubus dari Luas Permukaan

Untuk menghitung volume kubus yang memiliki luas permukaan sebesar 1.014 cm2, kita harus mengetahui terlebih dahulu panjang sisi kubus. Caranya adalah dengan menggunakan rumus luas permukaan kubus:

L = 6s2

Diketahui bahwa luas permukaan kubus adalah 1.014 cm2. Maka kita bisa tulis:

1.014 = 6s2

Kemudian kita selesaikan persamaan di atas untuk mencari nilai sisi (s) kubus.

3. Menentukan Volume Kubus

Setelah mengetahui panjang sisi kubus, selanjutnya kita bisa menghitung volume kubus dengan rumus yang telah disebutkan di atas. Dengan mengetahui panjang sisi kubus, kita bisa langsung substitusi nilainya ke dalam rumus volume kubus.

Dengan demikian, volume kubus yang memiliki luas permukaan 1.014 cm2 adalah nilai yang dihasilkan dari perhitungan tersebut.

4. Contoh Perhitungan

Sebagai contoh, misalkan panjang sisi kubus yang dihasilkan dari perhitungan sebelumnya adalah 2 cm. Maka volume kubus tersebut adalah:

V = 23 = 8 cm3

Sehingga volume kubus yang memiliki luas permukaan 1.014 cm2 adalah 8 cm3.

5. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menghitung volume kubus yang memiliki luas permukaan 1.014 cm2, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Menggunakan rumus luas permukaan kubus untuk mencari panjang sisi.
  2. Menggunakan rumus volume kubus dengan sisi yang telah diketahui untuk menghitung volumenya.

Dengan demikian, kita dapat menentukan volume kubus dengan luas permukaan yang telah diketahui.

Demikianlah penjelasan mengenai volume kubus yang memiliki luas permukaan 1.014 cm2. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu dalam memahami konsep perhitungan volume kubus secara lebih mendalam.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button