Tentukan Luas Bagian Lingkaran Yang Diwarnai Berikut

Pernahkah Anda merasa bingung atau kesulitan dalam menentukan luas bagian yang diwarnai dalam sebuah lingkaran? Artikel ini akan membahas secara lengkap dan informatif tentang bagaimana menentukan luas bagian lingkaran yang diwarnai. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Rumus Luas Lingkaran

Sebelum kita membahas tentang bagian yang diwarnai dalam lingkaran, kita perlu memahami terlebih dahulu rumus luas lingkaran. Rumus luas lingkaran adalah πr^2, dimana π merupakan konstanta yang bernilai sekitar 3.14 dan r adalah jari-jari lingkaran.

2. Menentukan Luas Bagian Lingkaran Yang Diwarnai

Untuk menentukan luas bagian lingkaran yang diwarnai, pertama-tama kita perlu mengetahui luas total lingkaran terlebih dahulu menggunakan rumus yang telah disebutkan sebelumnya. Selanjutnya, kita akan menggunakan persentase atau perbandingan dari luas bagian yang diwarnai terhadap luas total lingkaran.

Langkah-langkah:

  1. Tentukan luas total lingkaran menggunakan rumus πr^2
  2. Tentukan persentase luas bagian yang diwarnai terhadap luas total lingkaran
  3. Kalikan luas total lingkaran dengan persentase yang didapat pada langkah sebelumnya

3. Contoh Perhitungan

Misalkan terdapat sebuah lingkaran dengan jari-jari sebesar 7 cm. Dan luas bagian yang diwarnai dalam lingkaran tersebut adalah 25%. Berikut adalah langkah-langkah perhitungannya:

Diketahui:

  • Jari-jari lingkaran (r) = 7 cm
  • Persentase luas yang diwarnai = 25%

Langkah 1:

Luas total lingkaran adalah πr^2 = 3.14 x 7^2 = 3.14 x 49 = 153.86 cm^2

Langkah 2:

Persentase luas yang diwarnai = 25% = 0.25

Langkah 3:

Luas bagian yang diwarnai = 153.86 cm^2 x 0.25 = 38.465 cm^2

4. Kesimpulan

Dengan memahami rumus luas lingkaran dan langkah-langkah untuk menentukan luas bagian lingkaran yang diwarnai, kita dapat dengan mudah menghitung luas bagian tersebut. Selalu ingat untuk menentukan luas total lingkaran terlebih dahulu dan kemudian mengalikannya dengan persentase yang diinginkan untuk mendapatkan luas bagian yang diwarnai.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button