Selesaikanlah Operasi Hitung Bilangan Bulat Berikut

Operasi hitung bilangan bulat seringkali menjadi bagian penting dalam matematika. Penggunaan bilangan bulat dalam operasi hitung memungkinkan kita untuk melakukan perhitungan dengan angka positif dan negatif. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai operasi hitung bilangan bulat dan bagaimana cara menyelesaikannya.

1. Penjumlahan Bilangan Bulat

Penjumlahan bilangan bulat dilakukan dengan cara menghitung total dari dua bilangan bulat. Pertama-tama, tentukan apakah kedua bilangan tersebut positif atau negatif. Jika dua bilangan memiliki tanda yang sama, jumlahkan kedua bilangan dan gunakan tanda yang sama dengan bilangan tersebut. Jika kedua bilangan memiliki tanda yang berbeda, kurangkan bilangan yang lebih besar dengan bilangan yang lebih kecil dan gunakan tanda dari bilangan yang lebih besar.

2. Pengurangan Bilangan Bulat

Pengurangan bilangan bulat dilakukan dengan cara mengurangkan satu bilangan bulat dengan bilangan bulat lainnya. Sama seperti penjumlahan, tentukan terlebih dahulu apakah kedua bilangan tersebut positif atau negatif. Jika kedua bilangan memiliki tanda yang sama, kurangkan bilangan yang lebih besar dengan bilangan yang lebih kecil dan gunakan tanda yang sama. Jika kedua bilangan memiliki tanda yang berbeda, jumlahkan kedua bilangan dan gunakan tanda dari bilangan yang lebih besar.

3. Perkalian Bilangan Bulat

Perkalian bilangan bulat dilakukan dengan cara mengalikan dua bilangan bulat. Kalau kedua bilangan memiliki tanda yang sama, maka hasil perkaliannya positif. Sedangkan jika kedua bilangan memiliki tanda yang berbeda, maka hasil perkaliannya negatif.

4. Pembagian Bilangan Bulat

Pembagian bilangan bulat dilakukan dengan cara membagi dua bilangan bulat. Perhatikan bahwa hasil pembagian bilangan bulat tidak selalu bulat, dan biasanya akan menghasilkan pecahan. Namun, aturan tanda pada pembagian bilangan bulat sama seperti perkalian, yaitu hasil pembagian dua bilangan dengan tanda yang sama adalah positif, dan dua bilangan dengan tanda yang berbeda adalah negatif.

5. Contoh Soal

Untuk memahami cara menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat, berikut adalah beberapa contoh soal beserta cara penyelesaiannya:

  1. Jika -5 + 8 = …
  2. Jawab:

    -5 + 8 = 8 – 5 = 3

  3. Jika -10 – (-3) = …
  4. Jawab:

    -10 – (-3) = -10 + 3 = -7

  5. Jika 6 x (-4) = …
  6. Jawab:

    6 x (-4) = -24

  7. Jika -15 / 3 = …
  8. Jawab:

    -15 / 3 = -5

6. Kesimpulan

Operasi hitung bilangan bulat merupakan bagian penting dalam matematika, terutama dalam konteks penggunaan angka positif dan negatif. Dengan memahami aturan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat, kita dapat menyelesaikan berbagai masalah matematika dengan lebih mudah dan akurat.

Jangan ragu untuk berlatih dan mencoba soal-soal mengenai operasi hitung bilangan bulat agar semakin mahir dalam menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam pemahaman tentang operasi hitung bilangan bulat.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button