Resep Masakan Untuk Anak Yang Susah Makan Sayur

Memasak untuk anak yang susah makan sayur bisa jadi sebuah tantangan tersendiri bagi para orangtua. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mencari cara agar anak tetap mendapatkan asupan gizi yang seimbang meskipun tidak suka makan sayur. Berikut ini beberapa resep masakan yang bisa dicoba untuk anak yang susah makan sayur:

1. Sayuran Tersembunyi

Sayuran tersembunyi adalah cara yang cukup efektif untuk menyiasati anak yang susah makan sayur. Anda bisa mencoba menyisipkan sayuran ke dalam masakan yang disukai anak, seperti spaghetti bolognese dengan saus tomat yang dicampur dengan wortel dan seledri yang dihaluskan.

2. Sayur Goreng Tepung

Sayur goreng tepung adalah camilan yang disukai banyak anak. Anda bisa membuat sayuran seperti brokoli, kembang kol, atau wortel yang dilapisi tepung dan digoreng hingga crispy. Tambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap untuk menambah selera makan anak.

3. Sayur Kuah

Sayur kuah bisa menjadi pilihan yang baik untuk menyajikan sayur kepada anak. Anda bisa membuat sup sayur yang kaya akan rasa dan gizi. Tambahkan potongan daging ayam atau sapi untuk menambah nilai protein dalam masakan.

4. Pizza Sayur

Pizza sayur adalah cara yang menyenangkan untuk mengajak anak makan sayur. Anda bisa membuat pizza dengan topping sayuran seperti paprika, jamur, dan jagung. Pastikan untuk menggunakan keju yang disukai anak agar mereka lebih tertarik untuk mencicipi.

5. Smoothie Sayur Buah

Smoothie sayur buah adalah cara yang menyamarkan rasa sayur dengan rasa manis buah-buahan. Anda bisa mencampurkan sayuran seperti bayam atau kale dengan buah-buahan favorit anak, seperti pisang, strawberry, atau mangga. Tambahkan yogurt untuk tekstur yang lebih kental dan nikmat.

6. Salad Buah Sayur

Salad buah sayur adalah pilihan sehat yang bisa disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan. Campurkan potongan buah-buahan segar dengan potongan sayuran seperti timun, wortel, dan selada. Berikan dressing yang disukai anak agar mereka lebih senang menyantapnya.

7. Telur Dadar Isi Sayur

Telur dadar isi sayur adalah hidangan yang praktis dan mengandung banyak gizi. Anda bisa membuat telur dadar dengan tambahan sayuran seperti tomat, bawang merah, dan jamur. Potong dadar menjadi bentuk lucu agar anak lebih tertarik untuk menyantapnya.

8. Nugget Sayur

Nugget sayur bisa menjadi camilan yang disukai anak. Anda bisa membuat nugget dengan campuran ayam cincang dan sayuran seperti wortel dan kacang polong. Goreng nugget hingga matang dan sajikan dengan saus tomat atau saus favorit anak.

9. Sayur Panggang

Sayur panggang adalah cara yang sehat untuk menyajikan sayur kepada anak. Anda bisa memanggang sayuran seperti brokoli, kentang, dan ubi jalar dengan sedikit minyak zaitun dan rempah-rempah. Sayur panggang cocok disajikan sebagai lauk atau camilan.

10. Nasi Goreng Sayuran

Nasi goreng sayuran bisa menjadi hidangan favorit anak. Anda bisa membuat nasi goreng dengan tambahan sayuran seperti kacang polong, wortel, dan jagung. Tambahkan sedikit kecap dan saus sambal untuk menambah cita rasa.

Dengan mencoba resep masakan di atas, diharapkan anak yang susah makan sayur dapat tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selamat mencoba!

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button