Rahasia Terungkap! Cara Membuat Tinjauan Pustaka Dengan Mudah dan Efektif

Tinjauan pustaka merupakan bagian penting dalam suatu penelitian yang bertujuan untuk mempertahankan analisis terhadap pengetahuan yang sudah ada di bidang tersebut. Melalui tinjauan pustaka, peneliti dapat membuat kerangka teori yang kokoh dan menjelaskan kontribusi penelitian yang akan dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tinjauan pustaka secara lengkap:

1. Menentukan Tujuan dan Ruang Lingkup Tinjauan Pustaka

Langkah pertama dalam membuat tinjauan pustaka adalah menentukan tujuan dan ruang lingkup dari penelitian yang akan dilakukan. Tujuan ini dapat berupa mengetahui perkembangan terkini dalam suatu bidang, mengevaluasi kekurangan dari penelitian terdahulu, atau mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan yang dapat diisi melalui penelitian yang akan dilakukan.

2. Mengumpulkan Bahan Pustaka

Setelah menentukan tujuan dan ruang lingkup, langkah berikutnya adalah mengumpulkan bahan pustaka. Bahan pustaka ini dapat berupa jurnal ilmiah, buku, artikel, dokumen resmi, dan sumber informasi lainnya yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.

Dokumen yang Dapat Digunakan adalah:

  • Jurnal Ilmiah
  • Buku Referensi
  • Artikel dari Sumber Terpercaya
  • Dokumen Resmi

3. Membaca dan Menelaah Bahan Pustaka

Setelah mengumpulkan bahan pustaka, langkah selanjutnya adalah membaca dan menelaah bahan pustaka tersebut. Perlu dilakukan analisis mendalam terhadap setiap bahan pustaka untuk memahami konsep-konsep yang terdapat di dalamnya.

4. Menyusun Tinjauan Pustaka

Setelah membaca dan menelaah bahan pustaka, langkah terakhir adalah menyusun tinjauan pustaka. Tinjauan pustaka dapat disusun berdasarkan tema, kronologis, atau konsep-konsep yang diangkat. Pastikan untuk menyertakan kutipan dan referensi yang tepat sesuai dengan aturan penulisan pustaka yang berlaku.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menyusun Tinjauan Pustaka:

  • Menyajikan sejarah perkembangan teori atau konsep yang relevan
  • Menyebutkan penelitian-penelitian terdahulu yang relevan
  • Menganalisis perbedaan hasil penelitian terdahulu
  • Menyimpulkan kesimpulan dari tinjauan pustaka yang dilakukan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan tinjauan pustaka yang disusun dapat menjadi landasan yang kokoh untuk penelitian yang akan dilakukan. Selain itu, tinjauan pustaka yang baik juga bisa menunjukkan kepada pembaca bahwa penelitian yang dilakukan memiliki landasan ilmiah yang kuat.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button