Menu Masakan Seminggu 100 Ribu

Memasak di rumah merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya dan juga lebih sehat dibandingkan dengan makan di luar. Namun, banyak orang yang mengira bahwa memasak di rumah membutuhkan biaya yang tinggi. Padahal, dengan perencanaan yang baik dan penggunaan bahan makanan yang tepat, Anda bisa membuat menu masakan seminggu dengan biaya hanya 100 ribu rupiah. Berikut ini adalah contoh menu masakan seminggu dengan biaya yang terjangkau.

Senin: Nasi Goreng

Pada hari Senin, Anda bisa memulai minggu dengan menu nasi goreng. Nasi goreng merupakan menu yang praktis dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang mahal. Anda bisa menggunakan nasi sisa dari hari sebelumnya, tambahkan telur, bawang merah, bawang putih, dan kecap manis. Untuk variasi, Anda bisa menambahkan irisan sosis atau sayuran seperti wortel atau kacang polong.

Selasa: Ayam Goreng Tepung

Pada hari Selasa, Anda bisa memasak ayam goreng tepung. Beli potongan ayam murah dan balurkan dengan tepung terigu yang sudah diberi bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih bubuk. Goreng ayam hingga matang dan sajikan dengan nasi dan sayuran rebus.

Rabu: Sayur Lodeh

Pada hari Rabu, coba masak sayur lodeh. Sayur lodeh merupakan menu yang kaya akan serat dan gizi. Anda bisa menggunakan campuran sayuran seperti labu siam, wortel, kacang panjang, dan tahu. Tambahkan santan kelapa dan bumbu seperti terasi dan garam untuk memberi rasa pada sayur lodeh.

Kamis: Sop Ayam

Pada hari Kamis, menu sop ayam bisa menjadi pilihan yang lezat dan bergizi. Rebus potongan ayam dengan tambahan wortel, kentang, dan seledri. Beri bumbu seperti garam, merica, dan kaldu ayam bubuk. Sajikan sop ayam dengan nasi putih hangat.

Jumat: Ikan Bakar

Pada hari Jumat, coba sajikan ikan bakar sebagai menu utama. Belilah ikan segar yang murah seperti ikan kembung atau ikan nila. Beri bumbu seperti kecap, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Panggang ikan hingga matang dan nikmati dengan nasi dan sambal terasi.

Sabtu: Mie Goreng

Pada hari Sabtu, buatlah mie goreng sebagai menu yang praktis dan lezat. Rebus mie secukupnya dan tumis dengan bumbu mie goreng instan, telur, sayuran seperti sawi, dan potongan ayam atau sosis. Mie goreng bisa disajikan dengan acar sebagai pelengkap.

Minggu: Nasi Kuning

Pada hari Minggu, Anda bisa menyajikan nasi kuning sebagai menu istimewa. Buat nasi kuning dengan tambahan kunyit, serai, daun salam, dan santan kelapa. Sajikan nasi kuning dengan lauk pauk seperti ayam goreng, telur dadar, tahu, dan sambal terasi.

Dengan menu masakan seminggu di atas, Anda bisa tetap menghemat biaya makanan sehari-hari dengan tetap menyajikan menu yang lezat dan bergizi. Selamat mencoba!

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button