Latihan 3 Menentukan Hasil Berbagai Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah


Pendahuluan


Latihan 3 merupakan bagian dari materi matematika dasar yang memiliki tujuan untuk melatih kemampuan dalam menentukan hasil berbagai operasi hitung campuran bilangan cacah. Operasi hitung campuran bilangan cacah meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dalam latihan ini, siswa akan dihadapkan pada soal-soal yang menuntut pemahaman mengenai konsep operasi hitung, penggunaan tanda operasi, serta langkah-langkah menyelesaikan berbagai operasi hitung tersebut.

Penjumlahan Bilangan Cacah


Penjumlahan adalah operasi hitung yang digunakan untuk menghitung hasil gabungan dari dua atau lebih bilangan. Bilangan cacah merupakan bilangan bulat non-negatif, yaitu bilangan yang nilainya lebih besar dari nol. Contoh bilangan cacah adalah 0, 1, 2, 3, dan seterusnya. Untuk menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tambahkan bilangan-bilangan tersebut secara berurutan.
  • Perhatikan tanda operasi penjumlahan (+) yang menghubungkan antara bilangan-bilangan tersebut.

Contoh soal: Hitunglah 5 + 3.
Jawab:
5 + 3 = 8
Dari contoh soal di atas, hasil penjumlahan 5 + 3 adalah 8.

Pengurangan Bilangan Cacah


Pengurangan adalah operasi hitung yang digunakan untuk menghitung selisih antara dua bilangan. Langkah-langkah menyelesaikan soal pengurangan bilangan cacah adalah sebagai berikut:

  1. Kurangkan bilangan yang lebih kecil dari bilangan yang lebih besar.
  2. Perhatikan tanda operasi pengurangan (-) yang menghubungkan antara bilangan-bilangan tersebut.

Contoh soal: Hitunglah 8 – 3.
Jawab:
8 – 3 = 5
Dari contoh soal di atas, hasil pengurangan 8 – 3 adalah 5.

Perkalian Bilangan Cacah


Perkalian adalah operasi hitung yang digunakan untuk menghitung hasil kali dari dua bilangan. Langkah-langkah menyelesaikan soal perkalian bilangan cacah adalah sebagai berikut:

  1. Kalikan bilangan-bilangan tersebut secara berurutan.
  2. Perhatikan tanda operasi perkalian (x) yang menghubungkan antara bilangan-bilangan tersebut.

Contoh soal: Hitunglah 4 x 3.
Jawab:
4 x 3 = 12
Dari contoh soal di atas, hasil perkalian 4 x 3 adalah 12.

Pembagian Bilangan Cacah


Pembagian adalah operasi hitung yang digunakan untuk menghitung hasil bagi dari dua bilangan. Langkah-langkah menyelesaikan soal pembagian bilangan cacah adalah sebagai berikut:

  1. Bagilah bilangan pertama dengan bilangan kedua.
  2. Perhatikan tanda operasi pembagian (÷) yang menghubungkan antara bilangan-bilangan tersebut.

Contoh soal: Hitunglah 12 ÷ 4.
Jawab:
12 ÷ 4 = 3
Dari contoh soal di atas, hasil pembagian 12 ÷ 4 adalah 3.

Kesimpulan


Latihan 3 Menentukan Hasil Berbagai Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah menghadirkan berbagai soal yang melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah. Dengan pemahaman yang baik mengenai konsep operasi hitung, tanda operasi, serta langkah-langkah menyelesaikan soal, diharapkan siswa dapat menjawab soal-soal latihan dengan tepat dan akurat.

FAQ


1. Apa yang dimaksud dengan bilangan cacah?
Bilangan cacah adalah bilangan bulat non-negatif, yaitu bilangan yang nilainya lebih besar dari nol. Contoh bilangan cacah adalah 0, 1, 2, 3, dan seterusnya.
2. Apa langkah-langkah menyelesaikan soal penjumlahan bilangan cacah?
Langkahnya adalah dengan menambahkan bilangan-bilangan tersebut secara berurutan dan memperhatikan tanda operasi penjumlahan (+) yang menghubungkan antara bilangan-bilangan tersebut.
3. Apa contoh soal perkalian bilangan cacah?
Contoh soal perkalian bilangan cacah adalah 4 x 3.
Dengan demikian, latihan 3 Menentukan Hasil Berbagai Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah merupakan sebuah pelatihan yang sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam operasi hitung bilangan cacah. Dengan memahami konsep, tanda operasi, dan langkah-langkah penyelesaian operasi hitung dengan baik, siswa akan mampu menjawab soal-soal latihan dengan tepat dan akurat.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button