Ini Dia Rahasia Membuat Perkedel yang Gurih dan Nikmat!

Perkedel adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia. Makanan ini biasanya terbuat dari kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu-bumbu serta rempah-rempah. Perkedel biasanya digoreng hingga matang dan dapat disantap sebagai lauk atau camilan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat perkedel yang enak dan lezat.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  1. Kentang: 500 gram (sekitar 4 buah kentang ukuran sedang)
  2. Bawang merah: 5 siung, cincang halus
  3. Bawang putih: 2 siung, cincang halus
  4. Merica: secukupnya
  5. Garam: secukupnya
  6. Penyedap rasa: secukupnya
  7. Telur: 1 butir
  8. Tepung terigu: 2 sendok makan
  9. Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Mengolah Kentang

Pertama-tama, kupaslah kentang dan cuci bersih. Setelah itu, rebus kentang hingga empuk. Angkat dan tiriskan kentang, lalu haluskan kentang dengan cara diulek atau dihaluskan dengan garpu.

2. Membuat Adonan Perkedel

Selanjutnya, campurkan kentang yang telah dihaluskan dengan bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan penyedap rasa. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

3. Menambahkan Tepung dan Telur

Kemudian, tambahkan tepung terigu dan telur ke dalam adonan perkedel. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna dan adonan menjadi sedikit menggumpal.

4. Membentuk Adonan

Setelah adonan tercampur dengan baik, bentuklah adonan perkedel sesuai dengan selera. Anda bisa membentuk bulat pipih atau bulat lonjong sesuai keinginan.

5. Menggoreng Perkedel

Langkah terakhir, panaskan minyak dalam wajan. Goreng perkedel hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan dan matang. Angkat perkedel dan tiriskan.

Tips Tambahan:

  • Jika ingin perkedel lebih renyah, Anda bisa menambahkan tepung roti atau tepung beras ke dalam adonan perkedel.
  • Pastikan minyak dalam keadaan panas sebelum menggoreng perkedel agar hasilnya lebih renyah dan tidak terlalu berminyak.
  • Anda juga bisa menambahkan bahan lain ke dalam adonan perkedel seperti wortel parut, buncis cincang, atau daging cincang untuk variasi rasa dan tekstur yang berbeda.

Penutup

Demikianlah cara membuat perkedel yang lezat dan enak. Perkedel bisa disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau camilan di tengah hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button