Ini Dia Cara Super Mudah Membuat Power Point Keren di Canva!

Power Point merupakan salah satu alat presentasi yang paling populer digunakan di berbagai bidang, baik untuk keperluan bisnis, pendidikan, maupun kebutuhan pribadi. Namun, seringkali proses pembuatan Power Point memerlukan keterampilan desain grafis yang cukup tinggi. Untungnya, dengan adanya platform desain grafis online seperti Canva, membuat Power Point menjadi lebih mudah dan praktis. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara membuat Power Point di Canva.

1. Membuat Akun di Canva

Langkah pertama sebelum dapat membuat Power Point di Canva adalah dengan membuat akun terlebih dahulu. Buka situs Canva di browser Anda dan klik tombol “Sign Up” untuk membuat akun baru. Anda dapat mendaftar menggunakan alamat email Anda atau dengan menghubungkannya langsung ke akun Google atau Facebook Anda.

2. Memilih Template Power Point

Selanjutnya, setelah berhasil masuk ke akun Canva Anda, klik tombol “Create a design” dan pilih kategori “Presentations” di menu drop-down. Canva menyediakan berbagai template Power Point yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih template yang sesuai dan klik untuk memulai mengeditnya.

3. Mengedit Template

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke tampilan desain Canva di mana Anda dapat mengedit template Power Point sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat mengubah teks, warna, font, menambahkan gambar, ikon, atau elemen desain lainnya sesuai kebutuhan presentasi Anda. Pastikan desain Power Point Anda menarik dan informatif.

4. Menambahkan Slide Baru

Untuk menambahkan slide baru ke dalam presentasi Anda, klik tombol “Add a new page” di bagian bawah tampilan desain Canva. Anda dapat memilih berbagai jenis slide seperti slide teks, slide gambar, slide diagram, dan lain sebagainya. Pastikan setiap slide memiliki informasi yang relevan dan disajikan dengan baik.

5. Menyimpan dan Mengunduh Power Point

Setelah selesai mengedit dan merancang presentasi Anda di Canva, jangan lupa untuk menyimpannya. Klik tombol “Download” di pojok kanan atas layar dan pilih format file yang Anda inginkan, seperti PDF, JPG, atau PNG. Anda juga dapat memilih opsi kualitas dan ukuran file sebelum mengunduhnya.

6. Tips Desain Power Point di Canva

Untuk membuat presentasi yang menarik dan profesional, berikut adalah beberapa tips desain Power Point di Canva:

  • Gunakan Warna yang Konsisten: Pilih palet warna yang konsisten dan sesuaikan dengan identitas merek atau tema presentasi Anda.
  • Pilih Font yang Mudah Dibaca: Gunakan font yang mudah dibaca dan hindari penggunaan terlalu banyak variasi font dalam satu presentasi.
  • Sederhanakan Desain: Jangan terlalu memadatkan informasi di setiap slide, usahakan untuk menyajikan informasi secara singkat dan jelas.
  • Gunakan Gambar dan Grafik: Tambahkan gambar dan grafik untuk memperkaya presentasi Anda, namun pastikan gambar yang digunakan berkualitas tinggi dan relevan dengan konten.

7. Berbagi Presentasi

Setelah Anda selesai membuat Power Point di Canva, Anda dapat langsung membagikannya dengan orang lain. Klik tombol “Share” di menu atas kanan dan pilih opsi untuk membagikan tautan langsung atau mengunduh presentasi ke Google Drive atau menyimpannya ke Dropbox.

8. Menerapkan Animasi (Opsional)

Jika Anda ingin menambahkan elemen animasi pada presentasi Anda, Canva juga menyediakan fitur animasi yang dapat Anda gunakan. Pilih elemen yang ingin diberi animasi, klik tombol “Animate” di bagian atas layar, dan pilih efek animasi yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat Power Point yang menarik dan profesional menggunakan Canva. Selamat mencoba!

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button