Ini Dia Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2! Simak Tutorialnya!

Di era digital saat ini, produktivitas adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah dengan memanfaatkan fitur dual monitor, yaitu menggunakan 2 layar laptop sekaligus. Dengan menggunakan 2 layar laptop, Anda dapat multitasking dengan lebih efektif dan efisien. Namun, bagaimana sebenarnya cara membagi 2 layar laptop? Simak artikel ini untuk mendapatkan panduan lengkapnya.

1. Menggunakan Windows Shortcut

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows, Anda dapat memanfaatkan fitur split screen yang sudah disediakan secara default. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi atau program yang ingin Anda buka di layar pertama.
  2. Klik dan tahan tombol Windows di keyboard, lalu tekan tombol panah kanan.
  3. Aplikasi akan otomatis terbagi menjadi setengah layar sebelah kiri.
  4. Pilih aplikasi lain untuk ditampilkan di layar sebelah kanan.
  5. Buka aplikasi tersebut, lalu ikuti langkah 2 dan 3.

2. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan Windows, Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga untuk membagi layar laptop menjadi 2. Salah satu software yang populer adalah DisplayFusion. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal software DisplayFusion dari situs resminya.
  2. Buka aplikasi DisplayFusion, lalu pilih opsi “Functions” > “Window Management” > “Functions”: Split the Desktop into x columns”.
  3. Pilih jumlah kolom yang diinginkan, misalnya 2 kolom untuk membagi layar menjadi 2.
  4. Aplikasi akan otomatis membagi layar laptop Anda menjadi 2 setelah Anda memilih opsi tersebut.

3. Memanfaatkan Fitur Monitor Eksternal

Selain menggunakan 2 layar laptop, Anda juga dapat meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan monitor eksternal. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan kabel HDMI atau VGA dari laptop ke monitor eksternal.
  2. Buka pengaturan tampilan pada laptop Anda, lalu atur tata letak layar dengan memilih opsi “Extend” atau “Duplicate”.
  3. Anda dapat menjalankan aplikasi atau program yang berbeda di setiap layar, sehingga dapat melakukan multitasking dengan lebih efektif.

4. Memilih Ukuran Layar yang Sesuai

Ukuran layar laptop juga memegang peranan penting dalam membagi layar menjadi 2. Pastikan untuk menggunakan laptop dengan ukuran layar yang cukup besar, agar pengalaman multitasking Anda menjadi lebih nyaman. Jika layar laptop Anda terlalu kecil, Anda mungkin kesulitan untuk melihat dua aplikasi secara bersamaan.

5. Memanfaatkan Fungsi Snap Assist

Snap Assist adalah fitur lain yang dapat membantu Anda dalam membagi layar laptop menjadi 2 dengan mudah. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengatur jendela aplikasi menjadi 2 bagian secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi pertama yang ingin Anda buka di layar pertama.
  2. Tarik dan lepaskan jendela aplikasi ke salah satu sisi layar.
  3. Akan muncul pilihan aplikasi lain yang dapat Anda buka di layar sebelah kosong.
  4. Pilih aplikasi yang ingin ditampilkan di layar sebelahnya.

6. Mengatur Resolusi Layar

Memastikan resolusi layar yang optimal juga sangat penting dalam membagi layar laptop menjadi 2. Pastikan untuk mengatur resolusi layar laptop Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Resolusi layar yang terlalu rendah dapat membuat tata letak aplikasi menjadi tidak proporsional.

7. Menggunakan Mode Tablet

Jika laptop Anda memiliki mode tablet, Anda dapat memanfaatkannya untuk membagi layar laptop menjadi 2 dengan lebih mudah. Mode tablet memungkinkan Anda untuk mengubah laptop menjadi tablet dengan layar sentuh, sehingga dapat mengatur jendela aplikasi secara lebih fleksibel.

8. Menyesuaikan Posisi Layar

Terakhir, pastikan untuk menyesuaikan posisi layar sesuai dengan kenyamanan Anda. Anda dapat mengatur posisi layar laptop menjadi horizontal atau vertikal, tergantung dari gaya kerja dan kebutuhan multitasking Anda. Cobalah beberapa posisi layar yang berbeda untuk menemukan yang paling sesuai dengan gaya kerja Anda.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat membagi layar laptop menjadi 2 dengan lebih mudah dan efektif. Memanfaatkan fitur dual monitor dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan Anda dalam bekerja. Selamat mencoba!

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button