Ingin Tahu Cara Mudah Melihat IMEI HPmu? Simak Triknya di Sini!

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan handphone (HP) dan tidak tahu bagaimana cara melacaknya? Salah satu cara untuk melacak HP yang hilang adalah dengan mengetahui nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang dimiliki HP tersebut. IMEI adalah nomor identifikasi unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat HP. Artikel ini akan membahas cara melihat IMEI HP dengan mudah.

1. Cara Melihat IMEI HP melalui Pengaturan

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melihat IMEI HP adalah melalui pengaturan HP Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di HP Anda.
  2. Pilih menu Tentang Telepon atau Informasi HP.
  3. Pilih Status atau Identifikasi Telepon.
  4. Anda akan menemukan informasi IMEI HP di sana.

2. Cara Melihat IMEI HP dengan Kode Dial

Selain melalui pengaturan, Anda juga bisa melihat IMEI HP dengan menggunakan kode dial. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Telepon di HP Anda.
  2. Ketikkan kode *#06#.
  3. IMEI HP Anda akan muncul di layar HP.

3. Cara Melihat IMEI HP di Belakang HP

Beberapa HP memiliki IMEI yang tertera di belakang casing HP. Cara melihat IMEI HP di belakang HP adalah dengan melepas casing HP dan mencari nomor IMEI yang biasanya tercetak di sana.

4. Cara Melihat IMEI HP pada Kemasan

Saat membeli HP baru, biasanya nomor IMEI HP juga tercetak pada kemasan HP tersebut. Anda bisa melihat IMEI HP pada kemasan atau kotak HP yang biasanya tertera di bagian belakang kemasan.

5. Cara Menyimpan IMEI HP

Setelah mengetahui nomor IMEI HP Anda, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman. Anda juga bisa mencatatnya di tempat yang mudah diakses, seperti catatan di handphone Anda atau catatan kertas yang tersimpan di tempat yang aman.

6. Manfaat Mengetahui IMEI HP

Mengetahui nomor IMEI HP memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Melacak HP yang Hilang: Dengan mengetahui nomor IMEI HP, Anda bisa melacak HP yang hilang melalui layanan pelacakan HP.
  • Melaporkan Kehilangan HP: Nomor IMEI HP juga diperlukan saat melaporkan kehilangan HP kepada pihak kepolisian atau operator seluler.
  • Mencegah Pembajakan: Dengan mengetahui nomor IMEI HP, Anda bisa mencegah pembajakan perangkat HP Anda.

Kesimpulan

Melihat IMEI HP merupakan langkah penting yang perlu dilakukan untuk berbagai keperluan, seperti melacak HP yang hilang atau melaporkan kehilangan HP. Dengan mengetahui cara melihat IMEI HP, Anda bisa lebih siap dalam menghadapi berbagai situasi terkait keamanan perangkat HP Anda. Pastikan untuk selalu menyimpan nomor IMEI HP Anda dengan aman dan jangan sampai memberitahukannya kepada orang yang tidak dikenal untuk menghindari penyalahgunaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengetahui cara melihat IMEI HP dengan mudah.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button