Hewan Yang Berkembang Biak Dengan Cara Bertelur Adalah

Hewan-hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur merupakan salah satu cara reproduksi yang umum ditemui di alam. Proses ini melibatkan pembuahan yang terjadi di dalam telur, dan kelahiran anak hewan dilakukan setelah telur menetas. Berikut adalah beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur:

1. Burung

Burung adalah contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Proses reproduksi burung dimulai ketika burung jantan dan betina saling berinteraksi untuk melakukan perkawinan. Telur burung umumnya diletakkan di sarang yang dibuat oleh burung betina. Selama proses inkubasi, burung betina akan mengerami telur tersebut hingga telur menetas. Anak burung kemudian akan keluar dari cangkang telur dan mulai hidup secara mandiri.

2. Reptil

Reptil juga merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Contoh reptil yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah kura-kura, ular, dan buaya. Reptil umumnya meletakkan telurnya di tempat yang aman dan hangat. Telur reptil dilindungi oleh cangkang yang keras dan kokoh. Setelah proses inkubasi, telur akan menetas dan anak reptil akan keluar dari cangkang telur untuk memulai kehidupan baru.

3. Amfibi

Amfibi adalah hewan yang memiliki siklus hidup dengan dua tahap, yaitu tahap larva dan tahap dewasa. Contoh amfibi yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah katak dan kodok. Cara reproduksi amfibi dimulai dengan bertemunya sel telur jantan dan sel telur betina di dalam lingkungan air. Telur-telur amfibi umumnya diletakkan di air atau di tempat yang lembab. Setelah proses metamorfosis, telur akan menetas menjadi larva (berudu) dan kemudian akan berkembang menjadi dewasa.

4. Serangga

Serangga merupakan contoh hewan yang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Contoh serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah ngengat, capung, dan lalat. Proses reproduksi serangga dimulai dengan bertemunya sel telur jantan dan betina. Telur serangga umumnya diletakkan di tempat yang sesuai dengan kebutuhan spesiesnya. Setelah proses inkubasi, telur akan menetas menjadi larva atau nimfa, yang kemudian akan mengalami metamorfosis menjadi dewasa.

5. Ikan

Ikan adalah contoh hewan yang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Proses reproduksi ikan dimulai dengan pelepasan telur oleh betina dan sperma oleh jantan ke dalam air. Telur ikan umumnya disebarkan di air terbuka atau di habitat yang sesuai. Telur akan menetas menjadi larva ikan, yang kemudian akan tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Proses reproduksi ikan juga dapat melibatkan peran orang tua dalam menjaga telur dan larva hingga menjadi dewasa.

Demikianlah beberapa contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Proses reproduksi ini merupakan bagian penting dalam keberlanjutan spesies hewan di alam. Dengan adanya telur sebagai media pembelahan sel dan perkembangan embrio, hewan tersebut dapat berkembang biak secara efisien dan efektif.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button