Wiki

Gambarkan Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya

Bulu tangkis adalah olahraga raket yang dimainkan di lapangan yang memiliki ukuran standar. Lapangan bulu tangkis memiliki ukuran yang spesifik sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang gambarkan lapangan bulu tangkis beserta ukurannya untuk memahami bagaimana lapangan bulu tangkis seharusnya dibangun.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis memiliki ukuran yang terstandarisasi untuk memastikan bahwa setiap pertandingan berlangsung adil dan kompetitif. Berikut adalah ukuran lapangan bulu tangkis menurut peraturan BWF:

  1. Panjang Lapangan: Lapangan bulu tangkis memiliki panjang 13.4 meter untuk tunggal dan 13.4 meter untuk ganda.
  2. Lebar Lapangan: Lebar lapangan bulu tangkis adalah 6.1 meter untuk tunggal dan 5.18 meter untuk ganda.
  3. Garis Servis: Garis servis di lapangan bulu tangkis terletak 1.98 meter dari net.
  4. Garis Tepi: Garis tepi lapangan bulu tangkis terletak 0.76 meter dari sisi lapangan.
  5. Garis Akhir: Garis akhir lapangan bulu tangkis terletak 0.76 meter dari ujung lapangan.

Dengan ukuran yang telah ditetapkan ini, pemain bulu tangkis dapat memiliki standar lapangan yang konsisten di setiap pertandingan yang mereka ikuti.

Gambaran Lapangan Bulu Tangkis

Secara visual, lapangan bulu tangkis terdiri dari net yang membagi lapangan menjadi dua bagian, yakni lapangan depan dan lapangan belakang. Berikut adalah gambaran lapangan bulu tangkis beserta beberapa komponen utamanya:

  1. Net: Net bulu tangkis terbuat dari tali tipis yang digantungkan di tengah-tengah lapangan dengan ketinggian 1.55 meter.
  2. Lapangan Depan: Bagian lapangan yang terletak di dekat net, dimana pemain berusaha untuk melakukan smash atau pukulan net.
  3. Lapangan Belakang: Bagian lapangan yang terletak di belakang garis servis, dimana pemain berusaha untuk mengontrol permainan dengan teknik pukulan kerja.
  4. Garis Servis: Garis yang menandai batas awal dari servis dan harus diresapi saat melakukan servis.
  5. Penanda Garis: Bagian lapangan yang ditandai dengan garis putih untuk menunjukkan batas lapangan.

Dengan memahami komponen-komponen utama dari lapangan bulu tangkis, pemain dapat lebih mudah beradaptasi dengan kondisi lapangan dan meningkatkan kinerja mereka dalam pertandingan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, lapangan bulu tangkis memiliki ukuran yang telah ditetapkan secara spesifik oleh BWF untuk memastikan setiap pertandingan berlangsung dengan adil dan kompetitif. Dengan memahami gambarkan lapangan bulu tangkis beserta ukurannya, para pemain dapat lebih siap dan terlatih untuk bermain dalam lapangan yang sesuai dengan standar internasional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam memperdalam pengetahuan mereka tentang bulu tangkis.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button