Convert Youtube To Mp3 Tanpa Aplikasi

Youtube adalah platform yang sangat populer untuk menonton video, termasuk video musik. Bagi penggemar musik, seringkali kita ingin mendownload lagu dari video Youtube dan mengubahnya ke format Mp3 agar dapat didengarkan kapan saja tanpa perlu terhubung ke internet. Di artikel ini, kita akan membahas cara convert Youtube to Mp3 tanpa aplikasi, sehingga Anda dapat dengan mudah memiliki kumpulan lagu favorit dalam format Mp3.

Metode 1: Menggunakan Converters Online

Salah satu cara termudah untuk mengkonversi video Youtube ke format Mp3 tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan converters online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Salin URL video Youtube yang ingin Anda konversi ke Mp3.
  2. Buka salah satu website converter online seperti YTMP3, Convert2Mp3, atau YoutubeMp3.
  3. Paste URL video Youtube yang sudah Anda salin ke kolom yang disediakan pada website converter tersebut.
  4. Pilih format output yang diinginkan, dalam hal ini adalah Mp3.
  5. Klik tombol konversi atau download untuk memulai proses konversi.
  6. Tunggu hingga proses konversi selesai, kemudian unduh file Mp3 yang sudah jadi.

Metode 2: Mengubah URL Youtube

Metode kedua yang dapat Anda gunakan tanpa perlu menginstall aplikasi adalah dengan mengubah URL video Youtube langsung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka video Youtube yang ingin Anda konversi ke Mp3 di browser Anda.
  2. Pada URL video, tambahkan “ss” sebelum kata “youtube” dan tekan Enter. Misalnya, ubah “www.youtube.com/watch?v=videoID” menjadi “www.ssyoutube.com/watch?v=videoID”.
  3. Anda akan diarahkan ke SaveFrom.net, di mana Anda dapat memilih format Mp3 dan mengunduhnya.

Metode 3: Menggunakan Add-ons Browser

Jika Anda menggunakan browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, Anda dapat memanfaatkan add-ons atau ekstensi yang tersedia untuk mengkonversi video Youtube ke Mp3 tanpa perlu aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser Anda dan kunjungi web store atau add-ons store sesuai dengan browser yang Anda gunakan.
  2. Cari add-ons atau ekstensi yang dapat digunakan untuk mengkonversi video Youtube ke Mp3. Contoh add-ons yang populer adalah Youtube Mp3 Downloader untuk Chrome dan Video DownloadHelper untuk Firefox.
  3. Install add-ons atau ekstensi yang Anda pilih ke browser Anda.
  4. Buka video Youtube yang ingin Anda konversi ke Mp3, kemudian klik ikon add-ons atau ekstensi yang sudah di-install pada browser Anda.
  5. Pilih format Mp3 dan mulai proses konversi.

Dengan tiga metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah video Youtube ke format Mp3 tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Namun, pastikan Anda mengetahui dan mematuhi aturan hak cipta agar penggunaan hasil konversi tersebut sah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah aman menggunakan converters online untuk mengkonversi video Youtube ke Mp3?

Secara umum, penggunaan converters online aman asalkan Anda memilih converters yang terpercaya. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memeriksa reputasi converters tersebut sebelum digunakan.

2. Apakah konversi video Youtube ke Mp3 melanggar hak cipta?

Secara hukum, konversi video Youtube ke Mp3 tanpa izin pemilik konten dapat melanggar hak cipta. Sebaiknya pastikan untuk hanya mengkonversi konten yang memiliki izin untuk diunduh atau digunakan kembali tanpa melanggar hak cipta.

3. Apakah ada batasan ukuran file saat menggunakan converters online?

Beberapa converters online mungkin memiliki batasan ukuran file yang dapat diunduh. Pastikan untuk memeriksa batasan ukuran file tersebut sebelum mengkonversi video Youtube ke Mp3.

Dengan pengetahuan tentang cara convert Youtube to Mp3 tanpa aplikasi, Anda sekarang dapat dengan mudah membuat koleksi lagu favorit Anda dalam format Mp3 untuk didengarkan kapan saja. Pastikan untuk selalu menggunakan layanan konversi dengan bijaksana dan mematuhi aturan hak cipta yang berlaku.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button