Contoh Cerpen Singkat Beserta Unsur Intrinsiknya Dan Ekstrinsiknya Brainly

Pendahuluan

Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang cukup populer di masyarakat. Dalam bahasa Indonesia, cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Cerpen memiliki ciri khas narasi yang ringkas namun mampu menyampaikan suatu cerita dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.

Contoh Cerpen Singkat

Berikut adalah contoh cerpen singkat yang akan kita bahas dalam artikel ini:
Judul: Aku Dan Bumi
Tokoh Utama: Budi dan Ibu Bumi
Setting: Di sebuah desa kecil di pinggiran hutan
Alur Cerita: Budi adalah seorang anak kecil yang sangat mencintai alam. Suatu hari, ia bertemu dengan Ibu Bumi yang sedang sedih karena alam semakin rusak. Bersama-sama, mereka berusaha menyelamatkan alam dan menginspirasi orang-orang di desa untuk peduli terhadap lingkungan.
Nilai Moral: Kepedulian terhadap lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dan dapat mempengaruhi orang lain untuk turut peduli

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang terdapat dalam karya sastra yang menjadi bagian integral dari cerita itu sendiri. Berikut adalah unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen “Aku Dan Bumi”:

1. Tema

Tema cerpen ini adalah kepedulian terhadap lingkungan. Melalui kisah Budi dan Ibu Bumi, penulis menyampaikan pesan penting tentang pentingnya menjaga alam.

2. Alur

Alur cerita berjalan cukup sederhana namun menyentuh. Dimulai dari pertemuan Budi dan Ibu Bumi, perjuangan mereka dalam menyelamatkan alam, hingga akhir cerita yang menginspirasi orang-orang di desa.

3. Penokohan

Penokohan Budi yang merupakan simbol dari generasi muda yang peduli terhadap lingkungan, serta Ibu Bumi yang menjadi simbol alam, merupakan ciri khas cerita ini.

4. Latar

Latar cerita terletak di sebuah desa kecil di pinggiran hutan, menciptakan nuansa alam yang kuat.

5. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam cerita ini sederhana namun menyentuh. Penulis mampu mengekspresikan pesan-pesan penting melalui kata-kata yang ringkas namun kuat.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur di luar teks itu sendiri yang dapat memengaruhi penafsiran terhadap karya sastra. Berikut adalah unsur ekstrinsik yang terdapat dalam cerpen “Aku Dan Bumi”:

1. Aliran Sastra

Cerpen ini dapat dikategorikan dalam aliran sastra realisme, karena menggambarkan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pengaruh Lingkungan Penulis

Jika penulis cerpen ini hidup di lingkungan yang peduli terhadap lingkungan, mungkin kisah ini terinspirasi dari pengalaman pribadinya.

3. Tantangan Sosial

Cerpen ini mencerminkan tantangan sosial mengenai kerusakan lingkungan, yang saat ini menjadi isu global yang penting.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik dalam cerpen?

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang terdapat dalam karya sastra yang menjadi bagian integral dari cerita itu sendiri, seperti tema, alur, penokohan, latar, dan gaya bahasa.

2. Mengapa penting untuk memahami unsur intrinsik sebuah cerpen?

Dengan memahami unsur intrinsik sebuah cerpen, pembaca dapat lebih mendalami pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh penulis melalui cerita tersebut.
Dengan demikian, kita dapat melihat betapa pentingnya memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik suatu cerpen untuk memperkaya pemahaman kita terhadap karya sastra. Semoga contoh cerpen singkat “Aku Dan Bumi” beserta pembahasannya dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai hal tersebut.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button