News

Cara Menyembunyikan Aplikasi Xiaomi

Jika Anda menggunakan smartphone Xiaomi, Anda mungkin ingin menyembunyikan beberapa aplikasi agar tidak terlihat oleh orang lain yang memegang atau menggunakan ponsel Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi pada smartphone Xiaomi Anda.

1. Menggunakan Fitur Pembuat Folder

Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan fitur pembuat folder yang ada di smartphone Xiaomi. Dengan fitur ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi secara tidak langsung dengan menyimpannya dalam folder yang tidak terlihat di layar utama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buat folder baru: Tahan salah satu aplikasi dan seret ke aplikasi lain untuk membuat folder.
  2. Simpan aplikasi di dalam folder: Seret aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke dalam folder yang sudah dibuat.
  3. Sembunyikan folder: Ubah nama folder menjadi sesuatu yang tidak mencurigakan dan letakkan di bagian akhir layar atau di layar tersembunyi agar tidak terlihat.

2. Menggunakan Fitur App Lock

Selain menggunakan fitur pembuat folder, Xiaomi juga menyediakan fitur App Lock yang memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi tertentu dengan kata sandi atau sidik jari. Meskipun fitur ini tidak langsung menyembunyikan aplikasi, namun aplikasi yang dikunci tidak bisa dibuka tanpa kata sandi atau verifikasi sidik jari, sehingga dapat dianggap sebagai cara menyembunyikan aplikasi. Berikut cara menggunakannya:

  1. Buka Pengaturan: Buka aplikasi Pengaturan di smartphone Xiaomi Anda.
  2. Pilih Keamanan: Gulir ke bawah dan pilih opsi Keamanan.
  3. Pilih App Lock: Di dalam opsi Keamanan, pilih opsi App Lock.
  4. Pilih Aplikasi: Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci dengan kata sandi atau sidik jari.
  5. Atur Kata Sandi atau Sidik Jari: Ikuti petunjuk untuk mengatur kata sandi atau sidik jari untuk mengunci aplikasi yang dipilih.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan dari Xiaomi, Anda juga dapat menginstal aplikasi pihak ketiga yang khusus dirancang untuk menyembunyikan aplikasi. Ada berbagai aplikasi di Google Play Store yang dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi dengan berbagai metode, termasuk mengunci dengan pola atau PIN, menyembunyikan ikon aplikasi, dan bahkan menyembunyikan aplikasi secara keseluruhan dari daftar aplikasi yang terlihat. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi:

  1. Pilih Aplikasi: Cari dan instal aplikasi penyembunyi aplikasi dari Google Play Store.
  2. Buka Aplikasi: Buka aplikasi dan ikuti petunjuk untuk mengatur aplikasi yang ingin disembunyikan.
  3. Atur Metode Keamanan: Pilih metode keamanan yang diinginkan, seperti pola, PIN, atau sidik jari.
  4. Pilih Aplikasi yang ingin Disembunyikan: Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan atur pengaturan sesuai keinginan.

FAQ

Apakah semua model Xiaomi memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi?

Tidak semua model Xiaomi memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi. Namun, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga jika fitur bawaan tidak tersedia.

Apakah menggunakan aplikasi pihak ketiga aman untuk menyembunyikan aplikasi?

Sebagian besar aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store cukup aman digunakan. Namun, pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan melihat peringkat aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya.

Apakah fitur App Lock bisa digunakan untuk semua aplikasi di Xiaomi?

Fitur App Lock biasanya dapat digunakan untuk sebagian besar aplikasi yang terpasang di smartphone Xiaomi, namun ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak mendukung fitur ini.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button