Tips

Cara Menulis Expected Salary Di Cv

Memasukkan expected salary (gaji yang diharapkan) dalam Curriculum Vitae (CV) bisa menjadi langkah yang penting dalam proses job application. Namun, banyak orang sering kali merasa bingung tentang bagaimana seharusnya cara menuliskannya. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara menulis expected salary di CV:

1. Mengapa Expected Salary Penting?

Expected salary digunakan oleh perusahaan untuk menetapkan budget yang sesuai untuk posisi yang kamu lamar. Selain itu, expected salary juga dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk mengetahui apakah gaji yang kamu harapkan sejalan dengan budget yang dimiliki oleh perusahaan.

2. Kapan Sebaiknya Memasukkan Expected Salary?

Expected salary sebaiknya dimasukkan di bagian akhir CV, setelah data pribadi dan data pendidikan. Hal ini disarankan untuk menunjukkan bahwa kemampuan dan pengalaman kerja kamu lebih diutamakan daripada gaji yang kamu harapkan.

3. Format Penulisan Expected Salary

Ada beberapa format yang bisa kamu gunakan untuk menuliskan expected salary di CV, antara lain:

  • Expected Salary: Rp 5.000.000,-
  • Expected Salary Range: Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000,-

4. Langkah-Langkah Menulis Expected Salary

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dalam menulis expected salary di CV:

  1. Penelitian Gaji
  2. Sebelum menuliskan expected salary, lakukan penelitian terlebih dahulu mengenai standar gaji untuk posisi yang kamu lamar. Hal ini dapat membantumu untuk menentukan kisaran gaji yang realistis.

  3. Menyesuaikan dengan Pengalaman dan Kompetensi
  4. Pastikan expected salary yang kamu tulis sesuai dengan pengalaman kerja dan kompetensi yang kamu miliki. Jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi dari standar gaji yang berlaku.

  5. Berikan Kisaran Gaji
  6. Jika kamu merasa sulit untuk menentukan expected salary yang tepat, kamu bisa memberikan kisaran gaji agar lebih fleksibel. Namun, pastikan kisaran gaji tersebut masih sesuai dengan standar gaji yang berlaku.

  7. Jadilah Fleksibel
  8. Selalu siap untuk bernegosiasi mengenai expected salary yang kamu tulis di CV. Jadilah fleksibel dan terbuka untuk mendengar penawaran gaji dari perusahaan.

5. Contoh Penulisan Expected Salary di CV

Berikut adalah contoh penulisan expected salary di CV:

Expected Salary: Rp 5.000.000,-

Expected Salary Range: Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000,-

6. Kesimpulan

Menulis expected salary di CV dapat menjadi langkah yang penting dalam proses job application. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah disebutkan di atas, diharapkan kamu dapat menuliskan expected salary yang tepat dan sesuai dengan standar gaji yang berlaku. Selalu ingat untuk menjaga fleksibilitas dan terbuka terhadap negosiasi gaji dari perusahaan.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button