News

Cara Mengetahui Sandi Wifi Yang Belum Terhubung Tanpa Aplikasi

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan untuk mengetahui sandi wifi di suatu tempat yang belum pernah terhubung sebelumnya? Jangan khawatir, karena Anda bisa mengetahui sandi wifi tersebut tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengetahui sandi wifi yang belum terhubung tanpa menggunakan aplikasi.

1. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt (cmd) adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui sandi wifi tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” di kotak pencarian atau tekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  • Ketik perintah “netsh wlan show profile” dan tekan Enter. Dengan perintah ini, Anda akan melihat daftar semua jaringan wifi yang pernah terhubung di komputer Anda.
  • Pilih jaringan wifi yang ingin Anda ketahui sandinya, kemudian ketik perintah “netsh wlan show profile name=NAMA_WIFI key=clear” dan tekan Enter (ganti NAMA_WIFI dengan nama jaringan wifi yang ingin Anda ketahui sandinya).
  • Pada bagian “Key Content” akan muncul sandi wifi yang Anda cari.

2. Menggunakan Windows Settings

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda juga bisa mengetahui sandi wifi tanpa aplikasi dengan menggunakan Windows Settings. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Windows Settings dengan cara klik ikon gear di menu Start atau tekan tombol Windows + I.
  • Pilih menu Network & Internet dan klik opsi Wi-Fi.
  • Pada bagian Wi-Fi, klik opsi Manage known networks.
  • Pilih jaringan wifi yang ingin Anda ketahui sandinya, kemudian klik opsi Properties.
  • Pada bagian Network security key, aktifkan opsi Show characters untuk menampilkan sandi wifi yang Anda cari.

3. Menggunakan Router

Jika Anda memiliki akses ke router wifi yang ingin Anda ketahui sandinya, Anda juga bisa mengetahui sandi wifi melalui halaman web router. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau lainnya.
  • Ketik alamat IP router Anda di kolom URL. Umumnya alamat ini adalah 192.168.0.1 atau 192.168.1.1. Untuk mengetahui alamat IP router, Anda bisa melihatnya di bagian bawah atau belakang router Anda.
  • Masukkan username dan password untuk masuk ke halaman web router. Umumnya username dan password bawaan adalah “admin” untuk keduanya. Namun, jika Anda sudah mengganti login bawaan, masukkan username dan password yang Anda buat.
  • Cari opsi Wireless atau Wi-Fi, kemudian cari opsi Wireless Security atau sejenisnya.
  • Pada bagian Wireless Security, Anda akan melihat sandi wifi pada kolom Passphrase atau Key.

4. Menggunakan WPS (Wi-Fi Protected Setup)

Jika router Anda mendukung fitur WPS, Anda dapat dengan mudah mengetahui sandi wifi tanpa perlu membuka halaman web router. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan perangkat Anda yang ingin terhubung ke wifi dalam jarak yang sama dengan router.
  • Aktifkan fitur WPS pada router (biasanya dengan menekan tombol WPS pada router).
  • Pada perangkat Anda, cari opsi WPS pada menu jaringan wifi dan aktifkan fitur WPS.
  • Perangkat Anda akan terhubung ke jaringan wifi tanpa perlu memasukkan sandi.

5. Minta kepada Pemilik Jaringan

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminta kepada pemilik jaringan untuk memberitahukan sandi wifi kepada Anda. Meskipun terlihat sederhana, namun ini adalah cara yang paling jelas dan terhormat.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum mengenai cara mengetahui sandi wifi yang belum terhubung tanpa aplikasi:

1. Apakah cara-cara di atas berlaku untuk semua jenis router wifi?

Iya, cara-cara di atas berlaku untuk mayoritas router wifi. Namun, beberapa model router atau versi firmware mungkin memiliki tampilan dan opsi yang sedikit berbeda.

2. Apakah menggunakan cara-cara di atas legal?

Iya, menggunakan cara-cara di atas untuk mengetahui sandi wifi yang sebenarnya merupakan jaringan pribadi tidak melanggar hukum. Namun, penggunaan untuk kepentingan ilegal seperti menyusup ke jaringan tanpa izin adalah ilegal dan tidak dianjurkan.

3. Bagaimana jika saya tidak memiliki akses ke router wifi?

Jika Anda tidak memiliki akses ke router wifi yang ingin Anda ketahui sandinya, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminta kepada pemilik jaringan untuk memberitahukan sandi wifi kepada Anda.

Dengan mengetahui cara-cara di atas, Anda sekarang bisa dengan mudah mengetahui sandi wifi yang belum terhubung tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Selamat mencoba!

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button