Tutorial

Cara Mengatasi Leher Tengeng

Leher tengeng adalah kondisi ketika leher terasa tegang dan kaku, yang membuat gerakan kepala menjadi terbatas. Hal ini bisa menjadi sangat mengganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi leher tengeng. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat leher tengeng:

1. Peregangan Leher

Melakukan peregangan leher secara teratur dapat membantu mengurangi ketegangan otot yang menyebabkan leher tengeng. Berikut adalah beberapa gerakan peregangan yang dapat Anda lakukan:

  • Aduklah kepala ke samping kanan dan tahan posisi tersebut selama 10-15 detik. Lakukan hal yang sama ke arah samping kiri.
  • Miringkan kepala ke depan sehingga dagu mendekati dada. Tahan posisi ini selama 10-15 detik.
  • Pusingkan kepala ke belakang sejauh yang Anda bisa. Tahan posisi ini selama 10-15 detik.

2. Kompres Hangat atau Dingin

Terapi panas dan dingin dapat membantu meredakan nyeri dan ketegangan pada otot leher. Kompres hangat dapat meningkatkan aliran darah ke area yang terkena, sementara kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi sensasi nyeri. Anda bisa menggunakan handuk hangat atau kantong es sebagai kompres.

3. Pijatan

Pijatan lembut pada otot leher yang tegang dapat membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas. Anda dapat melakukan pijatan sendiri atau meminta bantuan dari orang lain untuk memijat leher Anda.

4. Postur Tubuh yang Benar

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tegangnya otot leher. Pastikan Anda duduk atau berdiri dengan posisi yang benar, yaitu dengan punggung lurus dan bahu rileks. Hindari membungkuk terlalu sering atau terlalu lama.

5. Minum Cukup Air

Dehidrasi dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan tegang, termasuk otot leher. Pastikan Anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah terjadinya leher tengeng.

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan otot yang tegang dan mengurangi stres yang dapat menyebabkan leher tengeng. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

7. Perawatan Medis

Jika rasa nyeri atau ketegangan pada leher tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa cara di atas, segera konsultasikan ke dokter. Dokter dapat memberikan perawatan medis yang sesuai untuk mengatasi masalah leher tengeng Anda, seperti terapi fisik atau obat-obatan tertentu.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi leher tengeng. Penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin merespon cara pengobatan dengan cara yang berbeda, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba cara pengobatan tertentu.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button