Tutorial

Cara Membuat Skripsi

Membuat skripsi adalah salah satu tahapan terpenting dalam menyelesaikan pendidikan tinggi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang harus disusun oleh mahasiswa sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Proses pembuatan skripsi membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan ketekunan dalam menjalankan setiap tahapannya. Berikut ini adalah panduan lengkap mengenai cara membuat skripsi:

1. Memilih Judul Skripsi

Langkah pertama dalam membuat skripsi adalah memilih judul skripsi yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa. Judul skripsi haruslah relevan dengan bidang studi yang sedang ditekuni. Judul skripsi haruslah spesifik, jelas, dan mudah dipahami agar memudahkan dalam menentukan arah penelitian. Sebaiknya mahasiswa berkonsultasi dengan dosen pembimbing dalam pemilihan judul skripsi.

2. Membuat Proposal Skripsi

Setelah memilih judul skripsi, langkah selanjutnya adalah membuat proposal skripsi. Proposal skripsi merupakan gambaran umum tentang apa yang akan diteliti, metode yang akan digunakan, serta manfaat dari penelitian yang akan dilakukan. Proposal skripsi haruslah disusun secara sistematis dan terstruktur, mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hingga daftar pustaka yang digunakan.

Format Penulisan Proposal Skripsi:

  1. Judul
  2. Latar Belakang
  3. Rumusan Masalah
  4. Tujuan Penelitian
  5. Metode Penelitian
  6. Daftar Pustaka

3. Melakukan Penelitian

Setelah proposal skripsi disetujui oleh dosen pembimbing, langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian. Penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, atau kombinasi dari keduanya, tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan. Selama proses penelitian, mahasiswa harus memperhatikan etika penelitian dan mengumpulkan data seakurat mungkin.

4. Menyusun Kerangka Skripsi

Setelah data penelitian terkumpul, langkah berikutnya adalah menyusun kerangka skripsi. Kerangka skripsi merupakan rancangan struktur skripsi yang mencakup bagian-bagian utama seperti pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan. Mahasiswa perlu merencanakan setiap bagian skripsi dengan teliti agar menghasilkan skripsi yang berkualitas.

Struktur Kerangka Skripsi:

  1. Pendahuluan
  2. Tinjauan Pustaka
  3. Metode Penelitian
  4. Hasil Penelitian
  5. Pembahasan
  6. Kesimpulan
  7. Daftar Pustaka

5. Menulis Skripsi

Setelah kerangka skripsi disusun, langkah terakhir adalah menulis skripsi sesuai dengan struktur yang telah direncanakan. Penulisan skripsi haruslah dilakukan secara sistematis, mulai dari pendahuluan yang berisi latar belakang dan rumusan masalah, tinjauan pustaka yang mendukung penelitian, metode penelitian yang digunakan, hasil penelitian yang diperoleh, pembahasan dari hasil penelitian, hingga kesimpulan yang menggambarkan temuan penelitian.

6. Merevisi Skripsi

Setelah selesai menulis skripsi, langkah terakhir adalah melakukan proses revisi. Proses revisi skripsi penting untuk memperbaiki kesalahan dalam penulisan, menyempurnakan argumen, serta memperjelas hasil penelitian. Mahasiswa dapat meminta masukan dan saran dari dosen pembimbing atau teman sebaya dalam melakukan revisi skripsi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, mahasiswa diharapkan dapat membuat skripsi yang berkualitas dan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memahami cara membuat skripsi yang benar dan efektif.

Selamat membuat skripsi dan semoga sukses!

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button