News

Cara Melihat Aplikasi Yg Sudah Di Hapus

Apakah Anda pernah menghapus sebuah aplikasi dari smartphone Anda dan kemudian merasa penasaran ingin melihatnya kembali? Jangan khawatir, Anda masih bisa melihat aplikasi yang sudah dihapus dengan beberapa cara yang akan kita bahas dalam artikel ini. Dari menggunakan riwayat aplikasi di Google Play Store hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita akan membahas cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus. Simak artikel ini dengan seksama.

1. Riwayat Aplikasi di Google Play Store

Salah satu cara termudah untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus dari perangkat Anda adalah dengan memeriksa riwayat aplikasi di Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Store
  2. Ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar untuk membuka menu
  3. Pilih “Aplikasi & game saya” dari menu tersebut
  4. Ketuk opsi “Instal yang sudah dihapus” di sebelah kanan atas layar
  5. Sekarang Anda dapat melihat semua aplikasi yang pernah diinstal di perangkat Anda, termasuk yang sudah dihapus

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain melalui Google Play Store, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat riwayat instalasi aplikasi Anda. Beberapa aplikasi seperti Apk Track, UnApp, dan MyAppSharer dapat membantu Anda melihat aplikasi yang pernah diinstal di perangkat Anda.

Langkah-langkahnya umumnya mirip, yaitu dengan mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga ini, lalu mengizinkannya untuk mengakses riwayat aplikasi Anda. Dengan begitu, Anda dapat melihat aplikasi yang sudah dihapus serta informasi lainnya seperti tanggal instalasi, ukuran file, dan sumber aplikasi tersebut.

3. Melalui Riwayat Pencarian Google

Jika Anda menggunakan Google untuk mencari web atau aplikasi sebelumnya, Anda juga dapat melihat riwayat pencarian Anda untuk menemukan aplikasi yang sudah dihapus. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Google
  2. Ketuk ikon peta garis tiga di pojok kiri atas layar untuk membuka menu
  3. Pilih “Riwayat” dari menu tersebut
  4. Anda akan melihat riwayat pencarian Anda di sini, termasuk aplikasi yang pernah Anda cari atau kunjungi

4. Memeriksa Riwayat Pembelian

Jika Anda membeli aplikasi di Google Play Store sebelumnya, Anda juga dapat memeriksa riwayat pembelian Anda untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus.

  1. Buka Google Play Store
  2. Ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar untuk membuka menu
  3. Pilih “Akun” dari menu tersebut
  4. Pilih “Riwayat Pembelian” dan Anda akan melihat daftar semua pembelian aplikasi yang pernah Anda lakukan

5. Mencari File APK di Penyimpanan Internal

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup, Anda juga dapat mencari file APK dari aplikasi yang sudah dihapus di penyimpanan internal perangkat Anda. Ini mungkin menjadi pilihan terakhir karena memerlukan pengetahuan tentang struktur file Android dan memungkinkan risiko keamanan jika tidak digunakan dengan hati-hati.

Anda dapat menggunakan file manager bawaan atau mengunduh file manager pihak ketiga untuk menjelajahi direktori penyimpanan internal perangkat Anda dan mencari folder bernama “Android” atau “Data” untuk menemukan file APK dari aplikasi yang sudah dihapus.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus dari perangkat Android Anda. Dari menggunakan riwayat aplikasi di Google Play Store hingga memeriksa riwayat pencarian Google, Anda memiliki beberapa pilihan untuk menemukan informasi yang Anda cari. Pastikan untuk menggunakan cara yang sesuai dengan tingkat kenyamanan dan pengetahuan teknis Anda.

FAQ

1. Apakah saya dapat mengembalikan aplikasi yang sudah dihapus?

Ya, Anda bisa mendownload kembali aplikasi yang sudah dihapus dari Google Play Store asalkan aplikasi tersebut masih tersedia di toko aplikasi dan tidak dihapus oleh pengembangnya.

2. Apakah ada cara untuk melihat aplikasi yang dihapus di iOS?

Di iOS, Anda dapat melihat riwayat pembelian aplikasi yang sudah dihapus di App Store. Buka App Store, ketuk foto profil Anda, pilih “Pembelian” dan pilih “Tidak Install” untuk melihat aplikasi yang sudah dihapus.

3. Apakah mungkin untuk melihat aplikasi yang dihapus bila tidak menggunakan Google Play Store?

Jika Anda tidak menggunakan Google Play Store, cara-cara di atas mungkin tidak berlaku. Namun, beberapa toko aplikasi lain seperti Amazon Appstore juga memiliki fitur riwayat aplikasi yang mungkin dapat membantu Anda.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button