Cara Melihat Aplikasi Yang Terhapus

Apakah Anda pernah menghapus aplikasi di smartphone Anda dan kemudian merasa menyesal karena ingin menggunakannya kembali? Jika iya, jangan khawatir. Artikel ini akan membahas cara-cara melihat aplikasi yang terhapus di berbagai platform smartphone. Dari Android hingga iOS, Anda akan mendapatkan panduan lengkap di sini.

Cara Melihat Aplikasi Yang Terhapus di Android

Jika Anda menggunakan smartphone Android, ada beberapa cara untuk melihat aplikasi yang telah terhapus. Berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda coba:

  1. Cek di Google Play Store
  2. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka Google Play Store. Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas dan pilih “My apps & games”. Di sini, pilih tab “Library” untuk melihat semua aplikasi yang pernah Anda instal, termasuk yang sudah dihapus.

  3. Gunakan Aplikasi Pemulihan
  4. Jika Anda ingin melihat aplikasi yang terhapus secara lebih terperinci, Anda bisa menggunakan aplikasi pemulihan seperti DiskDigger atau MobiSaver. Aplikasi ini dapat memindai dan menemukan file aplikasi yang telah terhapus di smartphone Anda.

  5. Periksa Riwayat Pembelian di Google Play Store
  6. Anda juga bisa melihat aplikasi yang pernah Anda beli atau unduh melalui Google Play Store dengan masuk ke akun Google Anda dan memeriksa riwayat pembelian. Di sini, Anda akan menemukan daftar lengkap semua aplikasi yang pernah Anda instal, termasuk yang sudah dihapus.

Cara Melihat Aplikasi Yang Terhapus di iOS

Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, berikut adalah beberapa cara untuk melihat aplikasi yang telah terhapus:

  1. Gunakan App Store
  2. Buka App Store di perangkat iOS Anda dan ketuk ikon wajah Anda di pojok kanan atas. Pilih “Purchased” dan cari aplikasi yang Anda ingin lihat. Di sini, Anda akan menemukan daftar lengkap semua aplikasi yang pernah Anda beli atau unduh, termasuk yang sudah dihapus.

  3. Periksa Riwayat Pembelian di iTunes
  4. Anda juga bisa melihat riwayat pembelian aplikasi di iTunes. Buka iTunes, masuk ke akun Anda, dan pilih “Account” kemudian “Purchased”. Di sini, Anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang pernah Anda beli atau unduh, termasuk yang sudah dihapus.

  5. Gunakan iCloud
  6. Jika Anda menggunakan fitur iCloud untuk menyimpan cadangan data, Anda juga bisa melihat aplikasi yang pernah diinstal melalui iCloud. Masuk ke iCloud.com, pilih “Settings” kemudian “Restore Files”. Di sini, Anda akan menemukan aplikasi yang pernah dihapus.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar cara melihat aplikasi yang terhapus:

Q: Apakah saya bisa mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus?

A: Ya, Anda bisa mengunduh aplikasi yang sudah terhapus melalui Google Play Store atau App Store. Cari aplikasi yang Anda inginkan dan instal kembali.

Q: Apakah ada cara lain untuk melihat aplikasi yang terhapus?

A: Selain metode yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan data, termasuk aplikasi yang terhapus.

Q: Apakah semua aplikasi yang terhapus bisa dilihat kembali?

A: Ya, dengan menggunakan metode-metode yang telah dijelaskan di atas, Anda seharusnya bisa melihat semua aplikasi yang pernah dihapus di smartphone Anda.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button