Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Terkadang, kita merasa bahwa ponsel kita berjalan lambat atau baterai cepat habis karena ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk bisa melihat dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang pada ponsel Android dan iOS.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di Ponsel Android

Ada beberapa cara untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di ponsel Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Melalui Pengaturan Sistem
  2. Langkah pertama adalah masuk ke ‘Pengaturan’ di ponsel Anda. Selanjutnya, pilih opsi ‘Aplikasi’ atau ‘Aplikasi & Notifikasi’. Di sini, Anda akan dapat melihat daftar semua aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.

  3. Gunakan Aplikasi Pengelola Tugas
  4. Ada banyak aplikasi pengelola tugas yang tersedia di Google Play Store yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. Unduh salah satu aplikasi ini, lalu ikuti petunjuknya untuk menggunakan fitur pemantauan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

  5. Gunakan Fitur Bawaan Ponsel
  6. Bergantung pada merek dan model ponsel Anda, ada fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Misalnya, pada ponsel Samsung, Anda dapat menggunakan fitur “Game Tools” untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memberikan pengaturan tambahan untuk aplikasi tersebut.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang di Ponsel iOS

Untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di ponsel iOS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gunakan Fitur Multitasking
  2. Pada ponsel iOS, Anda dapat melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan menggunakan fitur multitasking. Untuk melakukannya, cukup tekan tombol home dua kali secara cepat, dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan. Geser ke atas untuk menutup aplikasi yang tidak Anda butuhkan.

  3. Gunakan Pengaturan Bawaan
  4. Di ponsel iOS, Anda juga dapat menggunakan pengaturan bawaan untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Masuk ke ‘Pengaturan’, pilih opsi ‘Umum’, lalu pilih ‘Background App Refresh’. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang diizinkan untuk berjalan di latar belakang.

Cara Mengelola Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Selain melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang, penting juga untuk bisa mengelolanya agar tidak membebani ponsel Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang:

  1. Tutup Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan
  2. Seringkali kita meninggalkan aplikasi terbuka di latar belakang tanpa sadar. Pastikan untuk secara rutin menutup aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk menghemat daya baterai dan mempercepat kinerja ponsel Anda.

  3. Nonaktifkan Background App Refresh
  4. Pada ponsel iOS, Anda dapat mematikan “Background App Refresh” untuk aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang. Ini akan membantu menghemat daya baterai dan mempercepat kinerja ponsel Anda.

  5. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan
  6. Jika ada aplikasi yang jarang Anda gunakan, pertimbangkan untuk menghapusnya dari ponsel Anda. Ini tidak hanya akan mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, tetapi juga akan membuat penyimpanan ponsel Anda lebih efisien.

FAQ

1. Apa yang membuat aplikasi berjalan di latar belakang?

Aplikasi dapat berjalan di latar belakang untuk melakukan berbagai tugas, seperti sinkronisasi data, pembaruan, pemberitahuan, dan lainnya. Meskipun ini penting untuk pengalaman pengguna, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat membebani ponsel Anda.

2. Apakah melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang membahayakan ponsel saya?

Tidak, melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak membahayakan ponsel Anda. Namun, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mengurangi kinerja ponsel dan mengurangi daya tahan baterai.

3. Apakah ada aplikasi yang bisa membantu saya mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang?

Ya, ada banyak aplikasi pengelola tugas yang dapat membantu Anda melihat dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang. Beberapa di antaranya termasuk Greenify, Cleaner, dan Task Manager.

4. Apakah semua aplikasi bisa berjalan di latar belakang?

Tidak, tidak semua aplikasi bisa berjalan di latar belakang. Beberapa aplikasi memerlukan izin khusus dari pengguna untuk dapat berjalan di latar belakang.

Dengan menggunakan panduan ini, Anda akan dapat dengan mudah melihat dan mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang pada ponsel Anda. Dengan begitu, Anda dapat memastikan kinerja ponsel Anda tetap optimal dan daya tahan baterai menjadi lebih efisien.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button