Tutorial

Cara Bikin Makalah

Cara Bikin Makalah merupakan langkah yang perlu dipahami oleh setiap pelajar atau mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik mereka. Makalah merupakan salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang banyak ditemui di dunia pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang perlu diikuti dalam membuat makalah yang baik dan benar.

1. Menentukan Tema atau Topik

Langkah pertama dalam cara bikin makalah adalah menentukan tema atau topik yang akan dibahas. Pilihlah topik yang sesuai dengan bidang keilmuan yang diminati atau sesuai dengan tugas yang diberikan. Pastikan topik yang dipilih relevan dan menarik untuk diteliti lebih lanjut.

2. Mencari Referensi

Setelah menentukan tema, langkah berikutnya adalah mencari referensi yang diperlukan untuk mendukung pembuatan makalah. Gunakan sumber informasi yang terpercaya seperti buku, jurnal ilmiah, artikel online, dan lain sebagainya. Pastikan untuk mencatat setiap sumber referensi yang digunakan untuk menghindari penyalahgunaan informasi.

3. Menyusun Struktur Makalah

Setelah mendapatkan referensi yang cukup, langkah selanjutnya adalah menyusun struktur makalah. Struktur makalah umumnya terdiri dari pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan. Pastikan setiap bagian memiliki pengantar yang jelas dan terhubung satu sama lain.

4. Menulis Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian pertama dalam sebuah makalah yang berfungsi sebagai pengantar bagi pembaca tentang topik yang akan dibahas. Di dalam pendahuluan, sampaikan latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup penelitian secara singkat. Pastikan pendahuluan menjadi menarik agar pembaca tertarik untuk terus membaca.

5. Tinjauan Pustaka

Bagian tinjauan pustaka digunakan untuk menyajikan landasan teori atau hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik yang dibahas. Sertakan referensi yang diperlukan untuk mendukung argumen yang disampaikan. Jangan lupa untuk mengutip sumber referensi dengan benar sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.

6. Metode Penelitian

Di bagian metode penelitian, jelaskan secara detail mengenai langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan penelitian. Sertakan informasi mengenai desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang digunakan. Pastikan metode penelitian yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitian.

7. Hasil Penelitian

Bagian hasil penelitian berisi tentang temuan yang didapatkan dari pelaksanaan penelitian. Sampaikan data-data yang dihasilkan secara jelas dan ringkas. Gunakan tabel, grafik, atau diagram untuk memperjelas hasil penelitian yang disampaikan. Pastikan hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya.

8. Pembahasan

Setelah menyampaikan hasil penelitian, langkah selanjutnya adalah membahas temuan yang didapatkan. Analisis hasil penelitian dengan membandingkan dengan teori atau penelitian terdahulu yang relevan. Jelaskan implikasi dari temuan tersebut dan sampaikan juga saran yang dapat dilakukan untuk penelitian selanjutnya.

9. Kesimpulan

Bagian kesimpulan merupakan penutup dari sebuah makalah yang berfungsi untuk merangkum keseluruhan isi makalah. Sampaikan kembali tujuan penelitian, hasil penelitian, dan temuan yang didapatkan secara ringkas. Hindari menambahkan informasi baru di bagian kesimpulan. Jangan lupa sertakan juga saran atau rekomendasi untuk pembaca.

10. Daftar Pustaka

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan daftar pustaka yang digunakan dalam pembuatan makalah. Susun daftar pustaka sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku seperti APA, MLA, atau Harvard. Pastikan setiap sumber referensi tercantum dengan lengkap dan benar agar pembaca dapat melakukan penelusuran lebih lanjut.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pembuatan makalah dapat dilakukan dengan lebih sistematis dan terstruktur. Pastikan untuk memberikan argumen yang kuat dan jelas dalam setiap bagian makalah yang ditulis. Selalu perhatikan aturan penulisan yang berlaku dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang sebelum mengumpulkan makalah. Semoga panduan ini bermanfaat bagi pembaca dalam menulis makalah secara efektif dan efisien.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button