Wiki

Berikut Yang Bukan Merupakan Fungsi Hadis Terhadap Alquran Adalah

Al-Quran dan Hadis merupakan dua sumber utama dalam agama Islam yang menjadi pedoman bagi umat Muslim dalam menjalani kehidupan mereka. Al-Quran sebagai kitab suci Islam menjadi sumber utama ajaran agama, sementara Hadis merupakan segala perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi Muhammad yang dijadikan sumber hukum kedua dalam Islam.

Peran Hadis terhadap Al-Quran sangatlah penting, namun ada beberapa hal yang bukan merupakan fungsi dari Hadis terhadap Al-Quran. Berikut adalah beberapa hal penting yang bukan merupakan fungsi Hadis terhadap Al-Quran:

1. Menafsirkan Al-Quran secara Mubham

Hadis bukanlah sumber utama untuk menafsirkan ayat-ayat Al-Quran yang bersifat mubham, atau ayat-ayat yang maknanya kurang jelas. Meskipun Hadis bisa memberikan penjelasan tambahan terkait ayat-ayat Al-Quran, namun tafsir Al-Quran secara mubham dilakukan dengan menggunakan metode-metode tafsir tradisional, seperti tafsir bil ma’tsur, tafsir bi al ra’yi, tafsir bi al dirayah, dan lain sebagainya.

2. Menentukan Hukum Agama Secara Mutlak

Hadis tidak digunakan secara mutlak untuk menentukan hukum agama atau membentuk ajaran agama baru yang tidak ada dasarnya dalam Al-Quran. Meskipun Hadis dapat menjadi sumber hukum kedua dalam Islam, namun penggunaan Hadis untuk menetapkan hukum agama harus selalu dikaitkan dengan dalil-dalil yang ada dalam Al-Quran.

3. Menetapkan Kewajiban Agama yang Baru

Hadis tidak bertujuan untuk menetapkan kewajiban agama yang baru yang tidak ditemukan dalam Al-Quran. Sebagai sumber hukum kedua dalam Islam, Hadis seharusnya digunakan untuk menjelaskan serta menguatkan ajaran-ajaran yang sudah terdapat dalam Al-Quran, bukan menciptakan kewajiban agama baru.

4. Merubah Ajaran Al-Quran

Hadis tidak memiliki fungsi untuk merubah atau mengubah ajaran yang terdapat dalam Al-Quran. Meskipun kadang-kadang ada perbedaan antara ajaran yang terdapat dalam Al-Quran dengan Hadis, namun Hadis seharusnya digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan ajaran Al-Quran, bukan untuk merubah ajaran tersebut.

5. Menutup Terjadinya Inovasi dalam Ajaran Agama

Hadis bukanlah alat untuk menutup adanya inovasi dalam ajaran agama. Meskipun Hadis memiliki peran dalam menjaga keaslian ajaran agama, namun Hadis juga tidak dapat digunakan untuk menutup rapat-rapat pintu inovasi dalam beribadah atau dalam menjalani kehidupan beragama.

Penutup

Demikianlah beberapa hal yang bukan merupakan fungsi dari Hadis terhadap Al-Quran. Meskipun kedua sumber ini memiliki hubungan yang erat dalam ajaran Islam, namun keduanya memiliki fungsi masing-masing yang perlu dipahami dengan baik. Sebagai umat Muslim, penting untuk memahami kedua sumber ini secara komprehensif agar dapat menjalani kehidupan dengan penuh keyakinan dan ketakwaan.

FAQ

Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan peran Hadis terhadap Al-Quran:

  1. Apa itu Hadis?
  2. Apa hubungan antara Hadis dan Al-Quran?
  3. Bagaimana cara memahami Hadis secara benar?
  4. Apakah Hadis bisa bertentangan dengan Al-Quran?
  5. Seberapa pentingnya Hadis dalam menjalani kehidupan beragama?

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button