Berikut Ini Merupakan Jenis Passing Dipermainan Bola Basket Kecuali

Berikut Ini Merupakan Jenis Passing Dipermainan Bola Basket Kecuali
Basketball merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam permainan basketball, passing atau umpan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk memenangkan pertandingan. Passing merupakan cara untuk menggerakkan bola dari satu pemain ke pemain lainnya tanpa menyentuh pemain dari tim lawan. Berikut ini adalah beberapa jenis passing dalam permainan bola basket, namun ada satu jenis passing yang tidak termasuk di dalamnya.
1. Chest Pass
Chest pass adalah jenis passing yang paling umum digunakan dalam permainan bola basket. Pemain menggunakan kedua tangan untuk melemparkan bola dari dada mereka ke dada rekan setimnya. Teknik ini memungkinkan pemain untuk mengirimkan bola dengan cepat dan akurat ke rekan satu timnya.
2. Bounce Pass
Bounce pass adalah jenis passing yang dilakukan dengan melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul menuju rekan satu timnya. Teknik ini berguna ketika ada pemain lawan yang memblok passing langsung, maka dengan menggunakan bounce pass, bola dapat tetap sampai kepada rekan satu timnya.
3. Overhead Pass
Overhead pass adalah jenis passing yang dilakukan dengan mengangkat bola di atas kepala dan melemparkannya ke rekan satu timnya. Teknik ini berguna ketika ada pemain lawan yang mendekati dan memblok ruang passing di depan tubuh pemain, sehingga overhead pass menjadi alternatif yang baik untuk melemparkan bola dengan aman.
4. Baseball Pass
Baseball pass adalah jenis passing yang dilakukan dengan mengangkat bola menggunakan satu tangan kemudian dilemparkan sejauh mungkin ke rekan satu timnya. Teknik ini biasanya digunakan ketika waktu tersisa dalam pertandingan sangat sedikit, dan pemain perlu segera mengirimkan bola ke rekan satu timnya di posisi yang jauh.
5. Alley-Oop Pass
Alley-oop pass adalah jenis passing yang dilakukan dengan melemparkan bola ke atas ring, kemudian rekan satu timnya yang berada di dekat ring melompat dan menangkap bola untuk mencetak poin. Teknik ini sering digunakan untuk aksi spektakuler dalam pertandingan bola basket.
Meskipun kelima jenis passing di atas merupakan teknik umpan yang sering digunakan dalam permainan bola basket, namun ada satu jenis passing yang tidak termasuk di dalamnya. Jenis passing tersebut adalah Dribble Pass. Dribble pass merupakan suatu teknik passing yang dilakukan dengan cara menggiring bola sambil melemparkannya ke rekan satu timnya. Teknik ini melibatkan gerakan dribbling secara bersamaan dengan melemparkan bola sehingga tidak termasuk dalam kategori umpan yang tradisional.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat lima jenis passing utama dalam permainan bola basket, yaitu chest pass, bounce pass, overhead pass, baseball pass, dan alley-oop pass. Setiap jenis passing memiliki kegunaan dan kelebihan masing-masing dalam situasi permainan yang berbeda. Selain itu, pemain juga perlu memahami bahwa dribble pass bukanlah salah satu jenis passing dalam permainan bola basket.
FAQ:
1. Apakah overhand pass dan overhead pass memiliki perbedaan?
– Overhand pass adalah teknik melempar bola dengan satu tangan di atas kepala, sedangkan overhead pass adalah teknik melempar bola dengan kedua tangan di atas kepala ke rekan satu timnya.
2. Apa keunggulan dari alley-oop pass?
– Alley-oop pass memiliki keunggulan dalam menciptakan aksi spektakuler dan mencetak poin secara dramatis dalam pertandingan. Teknik ini sering kali membangkitkan semangat tim dan penonton.
Dengan pengetahauan jenis-jenis passing dalam permainan bola basket, diharapkan para pemain dapat menguasai teknik-teknik tersebut dan memanfaatkannya secara optimal dalam pertandingan. Mulailah untuk melatih kedalaman pemahaman Anda tentang teknik-teknik ini, agar Anda dapat menjadi pemain bola basket yang lebih berkompeten. Semoga bermanfaat!

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button