Berikut Ini Beberapa Variasi Dalam Melakukan Passing Bawah Kecuali

Berikut Ini Beberapa Variasi Dalam Melakukan Passing Bawah Kecuali

Apa Itu Passing Bawah?

Passing bawah adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Teknik ini sering digunakan untuk mengirim bola kepada setter yang akan melakukan setup kepada pemain yang akan melakukan serangan. Passing bawah juga dikenal sebagai underhand pass atau bump. Teknik ini memungkinkan pemain untuk mengontrol dan mengarahkan bola dengan menggunakan lengan bawah dan pergelangan tangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa variasi dalam melakukan passing bawah yang dapat meningkatkan keterampilan permainan bola voli Anda.

Variasi Dalam Melakukan Passing Bawah

1. Passing Bawah Biasa
Passing bawah biasa dilakukan dengan posisi badan menghadap kepada arah bola yang akan diterima. Letak kaki sejajar dan sedikit dibuka untuk meningkatkan keseimbangan. Posisi lengan mengepal atau terbuka dengan jari-jari sedikit direntangkan untuk menahan benturan bola. Saat bola datang, pemain melakukan kontak dengan lengan bawah, menjaga pergelangan tangan tetap kaku, dan mengarahkan bola ke arah setter.
2. Rolling Defense
Rolling defense merupakan variasi dari passing bawah yang digunakan ketika bola datang dengan kecepatan tinggi atau sudut yang sulit. Pemain melakukan rolling pada lantai dengan teknik passing bawah untuk mengontrol dan mengarahkan bola. Rolling defense memungkinkan pemain untuk tetap mengirim bola kepada setter meskipun dalam posisi sulit.
3. Passing Bawah Sambil Melompat
Passing bawah sambil melompat seringkali digunakan ketika pemain harus bereaksi cepat terhadap bola yang datang secara mendadak. Dengan melakukan lompatan kecil, pemain dapat memperpanjang jangkauan dan membantu dalam mengarahkan bola dengan lebih presisi.
4. Passing Bawah Ke Belakang
Passing bawah ke belakang digunakan ketika bola datang dari arah belakang pemain. Teknik ini memungkinkan pemain untuk tetap mengirim bola kepada setter meskipun dalam posisi yang sulit. Pemain perlu mempersiapkan diri dengan baik dan mengatur posisi tubuh agar dapat melakukan passing bawah ke arah yang diinginkan.
5. Passing Bawah Menggunakan Punggung Tangan
Passing bawah menggunakan punggung tangan merupakan variasi yang kurang umum digunakan. Teknik ini melibatkan penggunaan punggung tangan untuk melakukan passing bawah. Meskipun terlihat tidak konvensional, teknik ini dapat digunakan untuk mengatasi situasi di mana bola datang dari arah yang sulit dijangkau dengan lengan bawah.
6. Passing Bawah dengan Posisi Telentang
Passing bawah dengan posisi telentang digunakan ketika pemain harus meregangkan tubuh untuk mengarahkan bola. Dengan posisi telentang, pemain dapat meningkatkan jangkauan lengannya dan membuat kontak dengan bola secara efektif. Teknik ini memerlukan keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik untuk dapat melakukan passing bawah dengan baik.
7. Passing Bawah Dengan Kecepatan Tinggi
Passing bawah dengan kecepatan tinggi digunakan ketika bola datang dengan kecepatan tinggi dan pemain harus bereaksi cepat. Pemain perlu menggunakan lengan bawah dengan kuat dan presisi untuk mengontrol bola yang datang dengan kecepatan tinggi. Teknik ini membutuhkan latihan dan keterampilan yang baik untuk dapat dilakukan dengan sukses.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa yang harus dilakukan jika bola terlalu rendah saat melakukan passing bawah?
Jika bola terlalu rendah, cobalah untuk lebih merendahkan tubuh dan memperpendek gerakan lengan bawah Anda. Hal ini dapat membantu untuk mengontrol bola dan mengarahkannya kepada setter.
2. Bagaimana cara meningkatkan kecepatan passing bawah?
Anda dapat meningkatkan kecepatan passing bawah dengan melatih reaksi dan refleks Anda dalam menghadapi bola yang datang dengan cepat. Latihan juga dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan dan presisi dalam melakukan passing bawah.
3. Apa perlengkapan yang diperlukan untuk latihan passing bawah?
Untuk latihan passing bawah, Anda memerlukan bola voli, lapangan voli, dan rekan setim atau pelatih untuk berlatih. Selain itu, perlengkapan seperti pelindung lutut dan pergelangan tangan juga dapat membantu melindungi tubuh saat latihan.
Dengan mempelajari beberapa variasi dalam melakukan passing bawah, Anda dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan Anda dalam permainan bola voli. Latihan yang konsisten dan pemahaman yang mendalam tentang teknik-teknik dasar akan membantu Anda menjadi pemain bola voli yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan permainan Anda dalam melakukan passing bawah.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button