Berikut Ini Adalah Pengertian Norma Kesopanan Yaitu

Apa Itu Norma Kesopanan?

Norma kesopanan adalah salah satu bentuk norma sosial yang mengatur tata krama dan perilaku manusia dalam pergaulan sehari-hari. Norma kesopanan biasanya berkaitan dengan adab, sopan santun, etika, dan perilaku yang dianggap baik oleh masyarakat. Setiap budaya dan agama memiliki norma kesopanan yang berbeda-beda, namun prinsip dasarnya adalah untuk menciptakan keharmonisan dan ketertiban dalam interaksi sosial.
Norma kesopanan meliputi berbagai aspek, seperti cara berbicara, berpakaian, bersikap, dan bertindak dalam berbagai situasi. Norma kesopanan juga dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman dan nilainya sering kali subjektif, namun tetap memberikan panduan bagi individu untuk berinteraksi dengan orang lain dengan baik.

Contoh Norma Kesopanan

Berikut ini adalah beberapa contoh norma kesopanan yang umum di masyarakat:

  1. Mengucapkan salam: Memberi salam saat bertemu dengan orang lain dianggap sebagai tanda kesopanan dan hormat.
  2. Menyapa orang yang lebih tua: Mengucapkan salam dan menggunakan bahasa yang sopan ketika berinteraksi dengan orang yang lebih tua merupakan contoh norma kesopanan.
  3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan: Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar merupakan bentuk kesopanan yang diharapkan oleh masyarakat.
  4. Menjaga sikap dan tutur kata: Menggunakan kata-kata sopan dan tidak kasar saat berbicara dengan orang lain merupakan bentuk norma kesopanan yang penting.
  5. Memberi tempat kepada orang lain: Memberi tempat kepada orang lain, seperti kursi di angkutan umum, adalah contoh kesopanan yang diharapkan dalam berinteraksi dengan orang lain.

Importansi Norma Kesopanan

Norma kesopanan merupakan bagian penting dalam kehidupan sosial manusia. Pentingnya norma kesopanan antara lain:

  • Membangun keharmonisan: Norma kesopanan membantu menciptakan suasana yang harmonis dalam interaksi sosial antar individu.
  • Memperkuat hubungan sosial: Dengan mengikuti norma kesopanan, individu dapat memperkuat hubungan sosial dan membina kerja sama yang baik dengan orang lain.
  • Membentuk karakter dan kepribadian: Mematuhi norma kesopanan dapat membantu individu dalam membentuk karakter dan kepribadian yang baik.
  • Menghormati nilaidan norma budaya: Norma kesopanan juga membantu individu untuk menghormati nilai-nilai dan norma budaya yang ada dalam masyarakat.

Aplikasi Norma Kesopanan dalam Kehidupan Sehari-hari

Norma kesopanan dapat diterapkan dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari, seperti dalam pergaulan sosial, di tempat kerja, dalam keluarga, dan lain sebagainya. Beberapa contoh aplikasi norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Berterima kasih: Mengucapkan terima kasih kepada orang lain sebagai bentuk apresiasi dan rasa hormat.
  2. Menggunakan kata-kata sopan: Menggunakan kata-kata sopan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  3. Menjaga kebersihan diri: Menjaga kebersihan diri dengan mandi secara teratur dan mengenakan pakaian yang rapi.
  4. Menjaga ketertiban umum: Mematuhi aturan lalu lintas, tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  5. Menyapa dengan ramah: Menyapa orang lain dengan ramah dan senyum sebagai bentuk kesopanan dalam bertegur sapa.

Kesimpulan

Norma kesopanan memiliki peranan penting dalam membentuk perilaku dan interaksi sosial manusia. Dengan mengikuti norma kesopanan, individu dapat membangun hubungan sosial yang harmonis, meningkatkan kualitas hidup, dan menghargai nilai-nilai budaya yang ada. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami dan mengikuti norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button