Berdasarkan Kondisi Geografisnya Sebagian Besar Wilayah Benua Australia Berupa

Wilayah Australia merupakan sebuah benua yang memiliki berbagai kondisi geografis menarik. Dengan luas wilayah sekitar 7.692.024 km2, Australia menjadi benua terkecil keenam di dunia. Berikut adalah gambaran umum mengenai kondisi geografis wilayah Australia berdasarkan kajiannya:

Kondisi Geografis

  • Gurun – Sebagian besar wilayah Benua Australia berupa gurun. Gurun Simpson, yang terletak di sebelah tenggara Alice Springs di Tengah Australia, bertindih di wilayah Nord dan Selatan. Kemudian ada juga Gurun Gibson yang berada di Tenggara Australia Barat, Gurun Great Victoria yang berada di pusat Australia, dan ada juga Gurun Great Sandy yang terletak di Australia Barat.
  • Pegunungan – Wilayah tenggara Australia dihiasi oleh pegunungan. Pegunungan Alpine, yang merupakan satu-satunya pegunungan di Australia dengan salju, dan Great Dividing Range yang merupakan rangkaian pegunungan terpanjang di Australia Timur, adalah contoh dari keindahan pegunungan di wilayah ini.
  • Lembah Dan Dataran Rendah – Terdapat lembah dan dataran rendah di bagian tenggara dan baratlaut Australia. Dataran rendah Murray-Darling adalah lembah dan daerah aliran sungai terbesar di Australia.
  • Gunungapi – Benua Australia memiliki beberapa gunungapi yang menarik, seperti Gunungapi Wolfe, Gunungapi Mount Gambier, dan Gunungapi Budj Bim yang terletak di selatan Australia.
  • Pulau – Sebagian besar wilayah Australia dihiasi oleh pulau-pulau kecil di sekitar pantainya. Pulau Tasmania yang terletak di selatan Benua Australia adalah salah satu pulau terbesar di wilayah ini.

Peta Kondisi Geografis Australia

Berikut adalah peta yang menggambarkan kondisi geografis wilayah Australia:

Gurun Pegunungan Lembah Gunungapi Pulau
70% 20% 5% 3% 2%

Penutup

Australia adalah sebuah benua yang mempesona dengan berbagai kondisi geografisnya. Mulai dari gurun yang luas hingga pegunungan yang tinggi, wilayah ini menawarkan pemandangan alam yang sangat beragam. Semua ini membuat Benua Australia menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang menyukai petualangan alam.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa yang dimaksud dengan Great Dividing Range?

Great Dividing Range adalah rangkaian pegunungan terpanjang di Australia Timur yang membentang dari New South Wales sampai Victoria. Pegunungan ini memiliki puncak tertinggi di wilayah Benua Australia, yaitu Mount Kosciuszko.

2. Apakah ada gunung berapi aktif di wilayah Australia?

Tidak ada gunung berapi yang saat ini aktif di wilayah Australia. Akan tetapi, sebagian besar gunung berapi di wilayah ini menjadi objek studi geologi yang menarik.

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button