Sains

5 Kereta Uap Terkuat yang Pernah Dibangun: Keajaiban Teknologi Sejarah

Steam train adalah salah satu kendaraan paling kuat pada masanya, mampu menarik ratusan gerbong sekaligus. Ukuran, kecepatan, dan beratnya yang luar biasa membuatnya menjadi daya tarik tersendiri. Dalam membandingkan kereta, kita biasanya memperhatikan tenaga kuda atau ukuran fisiknya. Namun, banyak kereta, terutama yang dibangun untuk angkutan kargo, dirancang untuk membawa beban seberat mungkin. Oleh karena itu, kemampuan kereta untuk menarik beban berat menjadi sangat penting, sama pentingnya dengan kecepatan maksimum yang dapat dicapai.

DM&IR Yellowstone
Yellowstone adalah lokomotif steam terbesar dan terberat yang pernah beroperasi, dengan berat mencapai 624 ton. Dirancang untuk Duluth, Missabe, dan Iron Range Railway, mesin ini memproduksi tenaga 6.250 tenaga kuda dan memiliki kecepatan maksimum 45 mph. Namun, yang lebih menarik adalah daya tarik yang dimilikinya sebesar 140,093 lbf, menyusul ketangguhan Union Pacific Big Boy. Besarnya daya tarik ini sangat penting, karena Yellowstone dirancang untuk mengangkut bijih besi dari tambang. Dengan perhitungan bahwa seseorang membutuhkan kekuatan antara 2 hingga 5 pound per ton berat kereta untuk bergerak di jalur datar, Yellowstone dapat menarik sebanyak 40.027 ton. Jika kita mengambil rata-rata berat gerbong sekitar 143 ton, maka Yellowstone mampu menarik hampir 280 gerbong penuh.

Norfolk and Western Class Y6a
Kelas Y adalah kereta steam populer yang mulai beroperasi sejak 1912. Namun, pada awalnya, mereka tidak termasuk yang paling kuat. Hal ini berubah dengan diperkenalkannya model Y6a. Meskipun lokomotif ini tidak terlalu cepat dengan kecepatan maksimum 50 mph dan tenaga 5.600 tenaga kuda, pada awalnya ia hanya mampu memproduksi daya tarik sebesar 126,838 lbf. Setelah melakukan peningkatan, daya tariknya melesat menjadi 166,000 lbf, memungkinkan Y6a untuk menarik hingga 47,429 ton atau sekitar 331 gerbong penuh. Meskipun tidak ada Y6a yang masih beroperasi saat ini, salah satu unit ada di Museum Transportasi St. Louis dalam kondisi dipajang.

Virginian Railways XA
Berbeda dengan kebanyakan lokomotif yang dirancang untuk perjalanan antar negara bagian, Virginian Railways XA adalah model eksperimen yang dirancang oleh Baldwin Locomotive Works. Dengan desain triplex, XA memiliki tiga set penggerak, tetapi kecepatannya sangat lambat, hanya 5 mph. Meskipun lambat, XA memiliki daya tarik 166,600 lbf, memungkinkan kereta ini untuk mengangkut 47,600 ton atau sekitar 333 gerbong penuh. XA dirancang untuk membantu kereta lain melewati tanjakan curam. Sayangnya, Virginian Railways tidak dapat menemukan nilai dari XA dan akhirnya mengembalikannya ke Baldwin, yang kemudian dikonversi menjadi dua mesin terpisah.

Erie Class P-1
Erie Class P-1 adalah lokomotif triplex lainnya yang mampu menghasilkan daya tarik maksimum sebesar 176,256 lbf. Hal ini memberikannya kapasitas teoritis maksimum untuk menarik 50,359 ton atau 352 gerbong penuh. Pada tahun 1914, sebuah artikel menyebutkan bahwa P-1 mampu menarik 650 gerbong barang, meskipun tidak dijelaskan apakah gerbong tersebut dalam keadaan penuh atau kosong. Ketiga P-1 dibuat oleh Baldwin, dengan bobotnya mencapai 530 ton. Meskipun dirancang untuk menjadi lokomotif pendorong, sayangnya semua P-1 dibongkar oleh Erie pada tahun 1933.

Virginian Railway Class AE
Klas AE adalah lokomotif steam paling kuat yang pernah ada. Dengan konfigurasi roda 2-10-10-2, lokomotif ini memiliki silinder tekanan rendah berukuran 48 inci—yang terbesar di antara semua lokomotif buatan AS. Selain itu, ia memiliki boiler terbesar dengan diameter luar 112 7/8 inci yang mampu menangani tekanan hingga 215 psi. Saat dirancang dalam konfigurasi Mallet, lokomotif ini dapat menghasilkan daya tarik 147,200 lbf, melebihi Yellowstone. Dalam konfigurasi gear sederhana, ia dapat menghasilkan 176,000 lbf, memungkinkan untuk menarik hingga 50,457 ton atau lebih dari 350 gerbong penuh. Sayangnya, seluruh sepuluh lokomotif Kelas AE yang dibangun telah dibongkar pada tahun 1949.

Keberhasilan lokomotif-lokomotif ini dalam menarik beban berat menggambarkan kekuatan teknologi dan inovasi masa lalu. Meskipun banyak dari mereka tidak lagi beroperasi, warisan kekuatan dan desain yang mengesankan tetap hidup dalam ingatan para penggemar kereta api hingga saat ini.

Redaksi Ilmiah

Ilmiah merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button